Polisi-Dishub DKI Rapat Bahas Operasionalisasi Jalur Khusus Road Bike

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 11:22 WIB
Jakarta -

Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta hari ini menggelar rapat membahas operasionalisasi jalur khusus road bike. Rapat digelar via zoom meeting.

"Hari ini pukul 10.00 WIB, saya dan Pak Kadishub (DKI Jakarta) serta seluruh instansi terkait akan mengadakan zoom meeting untuk membahas tentang operasionalisaai secara resmi terhadap adanya jalur khusus sepeda road bike yang kemarin sudah diuji coba di JLNT Casablanca," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di kantornya, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Untuk diketahui, jalur khusus road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang telah diuji coba selama 2 pekan terakhir. Dalam rapat juga akan mengevaluasi uji coba jalur khusus road bike, termasuk melihat kelengkapan sarana dan prasarananya.

"Nanti kita lihat kita sama-sama akan mendengar dan membahas hasil evaluasinya seperti apa, sudah layak nggak untuk dijadikan sebagai sarana khusus," ujar Sambodo.

"Apakah ada jalan yang rusak di bawah kolong Saharjo itu depan Kokas (Mal Kota Kasablanka) itu sudah diperbaiki belum. Bagaimana dengan sarana-sarana kesehatan? Ambulans dan segala macamnya karena kemarin sempat ada yang kena serangan jantung dan segala macamnya," katanya lagi.

Buka Opsi Lain

Dia menambahkan, dalam rapat tersebut juga membuka peluang adanya opsi ruas jalan lain yang dijadikan jalur khusus sepeda road bike, jika JLNT Casablanca dinilai belum mumpuni digunakan untuk jalur sepeda road bike.

"Ini menjadi bahan-bahan pertimbangan kita apakah jalan layang itu cocok nggak atau bisa nggak digunakan sebagai tempat untuk road bike atau mungkin kalau perlu kita gunakan kita cari tempat lain apa di Kemayoran atau di mana gitu. Inilah pukul 10.00 WIB nanti kita akan evaluasi bersama," ucap Sambodo.

Untuk diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menggelar uji coba road bike di jalan layang nontol(JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang pada Minggu (23/5) Polisi pun telah berpesan buat pengguna road bike alias road biker soal uji coba itu.

"Kita berharap setelah nanti kita berikan ruang para road biker ini untuk bersepeda di situ, maka saya juga berharap ada timbal baliknya agar para road biker ini kemudian tidak menggunakan jalur sepeda di jalan biasa. Gunakanlah jalur sepeda yang sudah disiapkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (22/5).

Sambodo mengatakan polisi memahami road bike tidak bisa dikendarai dalam kecepatan rendah. Dia berharap para pengguna road bike tak melintas di jalur lain sebelum menuju lokasi uji coba.

"Karena kalau Anda mau bersepeda dengan kecepatan tinggi dengan bawa road bike-nya itu, kami sudah siapkan di lokasi tersebut dan saya harap karena ujungnya itu kan di putaran Karet itu ada tempat parkir. Satunya lagi di layang Saharjo putaran itu ada tempat parkir juga di Kota Kasablanka dan sebagainya," kata Sambodo.

Namun, meski telah disediakan jalur khusus, para road bikers tetap terpantau melintas di luar JLNT Casablanca. Beberapa unggahan di media sosial menunjukkan konvoi road biker melintas di jalur Sudirman-Thamrin.

(ygs/mea)