ADVERTISEMENT

Polisi Akan Tilang Road Biker Nakal, Anggota DPRD DKI: Perlu Shock Therapy

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 09:08 WIB
Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz (Foto: dok Istimewa)
Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi berencana membuat aturan tilang bagi pesepeda road bike yang tak taat lalu lintas. Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, mengatakan aturan penerapan aturan tersebut hendaknya terlebih dahulu dilakukan sosialisasi.

"Ya saya kira memang harus ada aturan yang jelas kalau urusan jalan raya ini, karena ini risikonya nyawa, kalau kita bermain-main dengan aturan bahaya itu. Kalau memang aturannya sudah ada, yang berwenang itu mungkin polantas kali ya dan juga bisa dijalankan ya saya kira perlu dijalankan, dan perlu ada juga shock therapy juga untuk para pelanggar," ujar Aziz kepada wartawan, Minggu (30/5/2021).

"Tapi aturannya harus diawali dengan sosialisasi yang matang, jangan sampai orang kaget, 'kok tiba-tiba begini', nanti rame lagi, yang disalahin gubernur lagi. Jangan sampai ada begitu," sambungnya.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta itu mendukung rencana penerapan aturan tilang bagi pesepeda road bike yang melanggar. Menurutnya, perlu ada tahap sosialisasi sebelum aturan tersebut diterapkan.

"Saya kira kami menyambut baik aturan itu dan memang ada sosialisasi dan masa adaptasi, dan memang dibutuhkan agar warga sebelumnya tahu, sebelum aturan benar-benar diterapkan atau dijalankan," katanya.

Sementara Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono meminta kebijakan tersebut harus dibuat dengan matang. Menurutnya, lebih baik Pemprov DKI Jakarta menambah jalur sepeda.

"Jangan membuat kebijakan yang beresiko terhadap keselamatan pengguna jalan. Lebih baik membuat jalur sepeda yang menjamin keselamatan bagi pesepedanya," kata Gembong.

Gembong meminta pengguna sepeda tetap berada di jalur yang sudah disediakan. Karena itu, Pemprov DKI juga diharapkan untuk melakukan pengawasan.

"Ya harus konsisten dengan jalur yang sudah disediakan, untuk itu pengawasan dari pemprov menjadi penting," ucap Gembong.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Catat Ya buat Pesepeda, Pemprov DKI Wajibkan Kalian Pakai Jalur Kiri':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT