Arti Al Quddus dalam Asmaul Husna dan Keutamaan Sifatnya

Kristina - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 11:18 WIB
Allah
Foto: iStock
Jakarta -

Allah SWT memiliki 99 nama indah yang disebut dengan Asmaul Husna. Di antara nama indah yang dimiliki-Nya adalah Al Quddus.

Al Quddus (القدوس) = Maha Suci

Dikutip dari buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna oleh Syafi'ie el-Bantanie, secara bahasa Al Quddus berarti suci, murni, dan penuh keberkahan. Pengertian ini disebutkan melalui beberapa firman-Nya dalam Al Quran.

Dalam QS. Al Hasyr ayat 23 Allah SWT berfirman sebagai berikut,

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Arab-latin: huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-'azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi 'ammā yusyrikụn

Artinya: "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan." (QS. Al Hasyr: 23).

Allah Maha Suci atas segala sifat yang dapat dijangkau oleh indra, diduga oleh prasangka, dikhayalkan oleh imajinasi, atau apapun itu yang terlintas dalam benak manusia. Seluruh ciptaan-Nya baik di langit maupun di bumi senantiasa bertasbih pada-Nya.

Kesucian Allah ditegaskan dalam QS. Al-Jumu'ah ayat 1 sebagai berikut:

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ٱلْمَلِكِ ٱلْقُدُّوسِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

Artinya: "Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Jumu'ah: 1).

Sementara itu, Syekh Tosun Bayrak al-Jerrahi dalam bukunya Asmaul Husna mengatakan Al Quddus setara dengan sifat mukhalafah li al-hawadits. Dialah Pencipta yang "tidak serupa dengan makhluk". Al Quddus adalah kesucian yang hanya dimiliki Allah, sehingga tidak ada dzat, sifat, nama, firman, perbuatan yang menyerupai-Nya.

Nama-nama Allah seringkali dijadikan sebagai wirid karena begitu agungnya. Febriana Arisha dalam bukunya 99 Langkah Menuju Berkah mengatakan, nama Allah Al Quddus dijadikan sebagai wirid untuk menyembuhkan penyakit.

"Salah satu khasiat atau keutamaan dari sifat Allah SWT ini adalah dapat menyembuhkan penyakit," paparnya seperti dikutip pada Senin (31/5/2021).

Adapun penyakit yang dimaksudkan adalah semua penyakit yang berasal dan ada dalam hati. Di antaranya iri, dengki, sombong, serakah, dan berbagai sifat buruk lainnya yang disebabkan oleh godaan setan.

Beberapa pendapat mengatakan, membaca ya Quddus sebanyak 100 kali sehari akan membebaskan hati dari semua pikiran dan perhatian yang menyebabkan kesulitan, kekhawatiran, dan penderitaan. Wallahu a'lam.

(nwy/nwy)