Izhar Artinya Jelas, Baca di Sini Penjelasan Lengkapnya

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 20:13 WIB
Moeslem Woman Reading Al-Quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra/Izhar Artinya Jelas, Baca di Sini Penjelasan Lengkapnya
Jakarta -

Izhar adalah salah salah satu hukum un mati ( نْ ) atau tanwin ( ـَــًـ , ـِــٍـ , ـُــٌـ ) bila bertemu huruf hijaiyyah yang telah ditetapkan. Secara istilah, izhar adalah mengeluarkan huruf dengan jelas dan tanpa dengung.

Dikutip dari buku Dasar-dasar Ilmu Tajwid yang ditulis Dr Marzuki, MAg dan Sun Choirol Ummah, SAg, MSI, nun mati atau nun sukun adalah nun yang tidak berharakat tetap ketika dilafazkan atau tertulis.

Nun mati tidak dapat dibunyikan kecuali diawali huruf lain yang hidup. Yaitu yang memiliki harakat fathah, kasrah, atau dhammah. Bacaan tanwin sama dengan nun mati, sehingga hukum bacaannya hampir sama.

A. Huruf-huruf izhar

Nun mati atau tanwin dibaca jelas bila bertemu dengan huruf halqi (tenggorokan). Ada enam huruf yang masuk kategori ini yaitu gho (غ), 'ain (ع), kho (خ), ha (ح ), ha' (هـ ), dan hamzah (ء).

Cara membaca nun mati atau tanwin harus jelas dan tidak boleh terpengaruh huruf setelahnya. Keenam huruf ini semua makhrajnya ada di tenggorokan sehingga sering disebut izhar halqi.

Dalam kitab Hidayatush Shibyan juga dijelaskan satu nazham (struktur bahasa) izhar. Penjelasannya kurang lebih sama dengan Marzuki dan Sun, yaitu kejelasan membaca nun mati dan tanwin pada izhar.

"Ketika ada tanwin dan nun mati bertemu dengan salah satu huruf halaq yang enam, yaitu : hamzah (ء), ha (هـ), ha (ح), kha (خ), 'ain (ع), ghain (غ), wajib dibaca Izhar(إِظْهَار) (nun mati dan tanwinnya dibaca jelas)," tulis kitab tersebut.

B. Contoh bacaan Izhar

Nun sukun atau tanwin tetap dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf izhar, ini contohnya:

  • يَنْأَوْنَ dibaca yan 'awna
  • كُلٌّ آمَنَ dibaca kullun amana
  • قَوْمٍ هَادٍ dibaca qouwmiin haadin
  • مِنْ عِلْمٍ dibaca min 'ilmin

Bagaimana, sahabat hikmah? Sudah mulai paham dengan hukum bacaan izhar?

(row/row)