DKI Kaji JLNT Kp Melayu-Tanah Abang untuk Road Biker Permanen Akhir Pekan

ADVERTISEMENT

DKI Kaji JLNT Kp Melayu-Tanah Abang untuk Road Biker Permanen Akhir Pekan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 12:13 WIB
JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai lintasan road bike mulai hari ini. Sejumlah pesepeda pun ramai-ramai datang untuk bersepeda di jalur tersebut
Ada Uji Coba Road Bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengkaji jalur road bike di jalan layang non-tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang menjadi jalur permanen. Hal itu didasarkan lantaran animo pengguna road bike mengalami peningkatan di setiap minggunya.

"Tentu setelah uji coba ini melihat dari animo masyarakat yang demikian tinggi ada peningkatan dari para pengguna, tentu setelah ini kami akan bahas untuk dipermanenkan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/5/2021).

Rencana permanen itu nantinya hanya untuk akhir pekan saja. Waktunya juga tidak panjang yakni hanya mulai pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB.

"Saat ini masih uji coba, akan dipermanen jam Sabtu-Minggu jam 05.00 WIB-08.00 WIB," ujar Syafrin.

Syafrin menerangkan, road biker mengalami peningkatan terutama pada uji coba tahap kedua hari ini. Syafrin mengklaim para road biker terlihat tertib dan disiplin pada lintasannya.

"Hasil evaluasi memang untuk hari ini dibandingkan dengan minggu kemarin, terpantau para pegiat road bike ini ada peningkatan dan juga terlihat juga bahwa mereka mulai disiplin saat menggunakan lintasan ini," katanya.

Syafrin memastikan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pesepeda. Dia juga mengatakan Pemprov DKI menyediakan sarana-prasarana untuk keselamatan road biker di sekitar lokasi.

"Tentu akan kami terus lakukan sosialisasi, edukasi, paralel dengan itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menyiapkan fasilitas dalam bentuk sarana prasarana penunjang, sehingga kegiatan para pesepeda ini terpenuhi aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, sehingga tujuan masyarakat yang tadinya menjadikan sepeda sebagai alat mobilitas sebagai hobi, sebagai alat olahraga tentu lebih baik ke depan," ungkapnya.

Pantauan pagi tadi, di titik putar balik JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, depan City Walk Sudirman, Jakarta Pusat, sejumlah pesepeda road bike gowes pagi ini. Pesepeda ini datang arah Kampung Melayu.

Para pesepeda road bike yang menggowes pagi tadi terdiri atas anak muda hingga dewasa. Mereka datang bergerombol dan membentuk barisan.

Di lokasi uji coba road bike ini terlihat barier plastik oranye terpasang di putaran menuju flyover. Barier ini menjadi pembatas antara jalur sepeda dan jalur kendaraan.

Terlihat puluhan aparat gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan kepolisian berjaga di sekitar lokasi. Arus lalu lintas di lokasi terpantau ramai lancar.

(whn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT