Round-Up

Petuah Pemprov DKI ke Pesepeda Buntut Jari Tengah Pemotor Plat AA

Tim detikcom - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 07:18 WIB
Pemprov DKI Jakarta telah memberikan jalur permanen untuk para pesepeda. Namun masih banyak pesepeda yang bandel dengan berjalan bukan di jalurnya.
Foto: Ilustrasi sepeda di DKI Jakarta (Rengga Sencaya)

Petuah Pemprov DKI

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan pesepeda wajib berada di jalur kiri jalan kendaraan. Syafrin mengatakan aturan itu tertuang dengan peraturan perundang-undangan tentang prioritas pengguna jalan.

"Sebagaimana saya sampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang 22/2009, ada namanya prioritas pengguna jalan, tentu bagi para pesepeda yang kecepatannya berada di bawah dari kendaraan bermotor, itu wajib menggunakan jalur paling kiri," kata Syafrin kepada wartawan di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/5/2021).

Syafrin menerangkan, pesepeda ini sejatinya harus berada di jalur lalu lintas sebelah kiri berbarengan dengan kendaraan motor. Dia berharap para pesepeda dapat mematuhinya agar jalur lalu lintas campuran untuk kendaraan dan pesepeda tetap terjaga aman.

"Oleh sebab itu para pesepeda yang berada di jalur lalu lintas bersama-sama dengan kendaraan motor lainnya, tentu wajib mengambil jalur paling kiri, sehingga aspek keselamatan dan keamanan pada saat berada di ruang jalan di sana ada mix traffic itu bisa terpenuhi," tuturnya.

Pesepeda road bike sebelumnya menjadi sorotan karena menggunakan jalur kanan saat bersepeda. Ditambah lagi, road biker ini bersepeda secara rombongan membentuk dua barisan atau yang biasanya disebut peleton.

Lalu bagaimana jika ada road biker yang nakal ke jalur kanan, akankah disanksi?

"Terkait dengan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada, itu menjadi kewenangannya rekan-rekan di kepolisian," kata Syafrin.

Syafrin menerangkan Pemprov DKI akan memastikan fasilitas sarana prasarana penunjang untuk para road biker ini tersedia di lokasi. Pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi secara masif agar para pesepeda mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas yang berjaga di lapangan.

"Namun kami dari Pemprov DKI Jakarta, berusaha untuk menyiapkan fasilitas yang ada, baik dari sisi sarana prasarana penunjang, sehingga kegiatan untuk sepeda yang animonya demikian tinggi di Jakarta ini, itu bisa terfasilitasi dengan baik," ujar Syafrin.


(rdp/rdp)