Menelisik Maksud Ganjar Bantah Berkonflik dengan Puan

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 08:47 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Foto: Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beberapa kali memastikan dirinya tidak berkonflik dengan putri kedua Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Sikap ganjar ini ternyata dinilai sebagai upaya melunak setelah hubungannya sempat memanas dengan Puan.

"Kalau secara verbal memang Mas Ganjar seperti mundur ya atau mengalah dan tidak adu kepala atau adu banteng dengan Mbak Puan dan Mas Pacul ya. Paling tidak, tidak mengeluarkan pernyataan yang sama kerasnya, malah cenderung melunak, ya," kata Direktur Indo Barometer M Qodari saat dihubungi, Jumat (28/5/2021).

Meski Ganjar terlihat melunak, Qodari melihat ada juga kemungkinan dia tengah melancarkan taktik menarik simpati publik. Namun Qodari menyebut masih belum bisa memastikan antara Ganjar ambil sikap mengalah atau memiliki taktik di balik sikapnya tersebut.

"Iya, itu kita belum tahu sekarang ini betul-betul istilahnya mengalah, cooling down atau taktik-taktik untuk menarik simpati publik, kalau nanti ternyata aktivitas Mas Ganjar secara umum dan khusus di medsos tidak berubah, dengan sederhana status nggak diubah gitu, maka ya bisa ditafsirkan atau akan ditafsirkan Mas Ganjar itu sedang melawan dan masih melawan dengan mengambil keuntungan dari dinamika politik dan dari peringatan politik yang diberikan oleh Puan dan Pacul," ucapnya.

Namun Qodari mengaku ragu upaya mengalahnya Ganjar terhadap Puan dapat membuka kembali pintu untuk Ganjar. Pernyataan yang terkesan mengalah itu justru, menurutnya, bisa menjadi bumerang untuk Ganjar.

"Akan tetapi saya masih ragu apakah itu akan cukup untuk membuka pintu kepada Mbak Puan dan Mas Pacul, saya kira kalau aktivitas di medsos Mas Ganjar masih tetap sama pola dan intensitasnya seperti sebelumnya, yang dibaca sebagai pertanda Mas Ganjar itu menuju calon presiden atau bekerja untuk jadi calon presiden, maka sebetulnya pernyataan Mas Ganjar ini malah menjadi bumerang dan dianggap main-main atau tidak serius," ujarnya.

Qodari pun menyarankan agar Ganjar betul-betul membuktikan dirinya mengalah kepada Puan Maharani. Dia menyarankan salah satu yang bisa dilakukan adalah mengubah pola bermedia sosial.

"Saya kira pernyataan Mas Ganjar itu yang nadanya cenderung submissive itu atau mengalah itu harus dibuktikan dengan aktivitas di medsos yang juga berubah isi dan polanya begitu," tutur Qodari.

Simak video 'Ganjar Tepis Konflik dengan Puan: Dia Komandan Tempur Saya':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/zak)