Round-Up

5 Fakta Helikopter Robinson R44 Jatuh di Danau Buperta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 08:02 WIB
Sebuah pesawat latih jatuh di Danau Buperta, kawasan Cibubur, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Pesawat ini belum dievakuasi.
Polisi mengecek lokasi jatuhnya helikopter Robinson R44 di danau Buperta, Cibubur. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sebuah pesawat latih jenis helikopter Robinson R44 terjatuh di danau Buperta Cibubur, Cimanggis, Depok. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Pilot dan siswa dilaporkan selamat dalam peristiwa ini. Kedua korban dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Pilot dan siswanya selamat, dibawa ke rumah sakit," ujar Kasubbag Humas Polresta Depok Kompol Supriyadi saat dihubungi detikcom, Jumat (28/5/2021).

Peristiwa jatuhnya pesawat latih ini terjadi pada umat (28/5/2021), tepatnya di Rawa Jemblung, Cibubur, Cimanggis, Depok. Sejumlah warga yang sedang memancing sempat melihat detik-detik pesawat itu jatuh.

Pilot Kapten Penerbang Langgeng dan siswanya Okto dilaporkan selamat. Keduanya menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi danau.

Pesawat latih ini awalnya take off pukul 09.00 WIB dari lapangan latihan Buperta, Cibubur. Pilot berhasil mengudara dan berputar selama 3 putaran di area latihan Buperta.

Sempat Berputar 3 Kali

Helikopter latih dengan nomor registrasi PR-RTO ini dilaporkan sempat berputar selama tiga kali di area latihan Buperta. Namun pada putaran keempat helikopter tersebut hilang kontak.

"Pilot penerbang sempat berhasil mengudara dan berputar selama 3 putaran di area latihan Buperta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Pada saat putaran keempat, helikopter latih ini hilang kontak. Sampai akhirnya helikopter ditemukan tenggelam di danau Buperta Cibubur.

"Saat putaran keempat pesawat lost contact dan hilang pukul 09.30 WIB," imbuhnya.

Tak Ada Ledakan atau Asap yang Keluar

Yusri memastikan tidak ada ledakan maupun asap yang keluar pada saat pesawat latih itu jatuh di danau Cibubur.

"Menurut saksi, pesawat tidak mengeluarkan asap atau ledakan saat di udara," kata Yusri kepada wartawan, Jumat (28/5/2021).

Mesin pesawat juga masih dalam kondisi menyala ketika terjatuh ke permukaan air danau.

"Pesawat pun saat masuk ke air mesin dalam keadaan hidup dan beberapa menit kemudian mesin mati," katanya.

Simak video 'Kronologi Heli Jatuh di Danau Buperta Cibubur':

[Gambas:Video 20detik]





Halaman selanjutnya, pilot dan siswa menyelamatkan diri berenang ke tepi danau

Selanjutnya
Halaman
1 2 3