Jenis Pesawat Latih yang Jatuh di Danau Buperta: Heli Robinson R44

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:04 WIB
Depok -

Sebuah pesawat latih jatuh di danau Buperta Cibubur atau Rawa Jemblung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Pesawat tersebut diketahui berjenis Heli Robinson R44.

"Pesawat tipe Robinson R44 dengan nomor registrasi PK-RTO," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (28/5/2021).

Pesawat itu berisi dua penumpang. Satu pilot Kapten Penerbang Langgeng dan siswa bernama Okto.

Pesawat latih ini awalnya take off pukul 09.00 WIB dari lapangan latihan Buperta, Cibubur. Pilot berhasil mengudara dan berputar selama 3 putaran di area latihan Buperta.

Namun, pada putaran keempat, pesawat mengalami masalah. Pesawat diketahui hilang kontak pada pukul 09.30 WIB.

"Saat putaran keempat pesawat lost contact dan hilang pukul 09.30 WIB," ujar Yusri.

Pesawat diketahui terjatuh di Rawa Jemblung yang berada di Kecamatan Cimanggis, Depok. Tiga saksi melihat pesawat tersebut sempat terbang rendah sebelum jatuh di lokasi.

"Menurut saksi, pesawat tidak mengeluarkan asap atau ledakan saat di udara. Pesawat pun saat masuk ke air mesin dalam keadaan hidup dan beberapa menit kemudian mesin mati," ungkap Yusri.

Pilot Berenang ke Tepi Danau

Polisi memastikan tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Pilot dan siswa berhasil menyelamatkan diri.

"Pilot dan siswa berhasil menyelamatkan diri setelah 15 menit pesawat jatuh," sebut Yusri.

Seorang saksi bernama Alex yang sedang memancing di danau tersebut mengaku sempat melihat pesawat tersebut sebelum jatuh.

"Saya lagi mancing sama teman, tiba-tiba dari arah kanan ada pesawat merendah terus tiba-tiba oleng, terus tiba-tiba nyebur," jelas Alex ditemui di lokasi, Jumat (28/5/2021).

Tidak lama kemudian, pesawat tersebut nyebur ke danau dan tenggelam. Pilot dan siswa langsung menyelamatkan diri.

"(Pesawat) sempat tenggelam selama satu menitan, terus (pilot dan siswa) bisa keluar dan berenang sampai ke daratan," jelas Alex.

(mei/fjp)