Polda Jambi Turunkan 1.360 Personel Amankan PSU Pilgub Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 01:49 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Foto: Ilustrasi Pilgub (Nadia Permatasari/detikcom)
Jakarta -

Polda Jambi menerjunkan 1.360 personel untuk mengamankan pemilihan suara ulang (PSU) Pilgub Jambi. Dari ribuan personel itu, polisi menempatkan 8 anggota di setiap TPS di 5 kabupaten di Jambi.

"Kami sudah siap melaksanakan pengamanan PSU Pilgub, jumlah personel yang dikerahkan ini belum termasuk bantuan pengamanan dari TNI maupun Linmas. Kita pastikan bahwa PSU Pilgub ini berjalan aman, tertib dan lancar," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto, Rabu (26/5/2021).

Tidak hanya itu, Kapolda Jambi Irjen A Rachmad Wibowo juga menegaskan terkait netralitas Polri dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Pilgub Jambi ini.

Menurutnya, personel Polri jajaran Polda Jambi harus netral. Dia juga meminta personel tidak terlibat politik praktis karena terdapat sanksi yang dapat diberikan.

"Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolda Jambi menyatakan tidak boleh ada personel Polri yang terlibat dalam politik praktis. Jika memang ingin terlibat, maka sesuai dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Polisi," ujar Rachmad.

Polda Jambi juga menginginkan agar Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar. Selaku Kapolda Jambi, Rachmad bahkan pernah menegaskan agar tidak ingin adanya PSU lagi untuk Pilgub Jambi ini.

Hal ini disampaikan Kasubdit Politik dan Intelkam, Bagus saat acara Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) Provinsi Jambi yang dihadiri KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI juga tim sukses Paslon Cagub dan Cawagub Jambi.

"Kalau ada masalah-masalah segera diselesaikan, itu pesan Kapolda langsung juga ke Kapolres-kapolres. Kapolda tidak ingin adanya PSU lagi," ujar Bagus.

Pelaksanaan PSU Pilgub Jambi kali ini juga akan menjadi prioritas polisi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para pemilih. Patroli skala besar yang akan dilakukan pada wilayah PSU sebagai bentul menciptakan PSU yang aman dan nyaman.

Diketahui, MK memutuskan di 5 kabupaten di 88 TPS di Jambi kembali gelar pungutan suara ulang. PSU ini nantinya akan dilaksanakan di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Sungai Penuh dan Kerinci.

Ada 3 paslon yang akan ikut dalam PSU Pilgub Jambi ini, yakni Paslon Cek Endra-Ibu Tiri Zola, Ratu Munawaroh dengan nomor urut 01, paslon Fachrori-Safril Nursal nomor urut 02 dan Al Haris-Abdullah Sani dengan nomor urut 03.

KPU Jambi juga telah mendistribusikan surat suara di 5 Kabupaten di Jambi tersebut untuk nantinya dapat dilaksanakan PSU.

(dwia/dwia)