Bawaslu RI Cek Persiapan Pengawasan Jelang PSU Pilgub Jambi di Kerinci

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 17:04 WIB
Bawaslu RI cek persiapan pengawasan PSU PIlgub Jambi di Kerinci (Tiara Aliya-detikcom)
Bawaslu RI mengecek persiapan pengawasan PSU PIlgub Jambi di Kerinci. (Tiara Aliya/detikcom)
Kerinci -

Pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Jambi di sejumlah TPS bakal digelar besok. Bawaslu RI pun turun langsung mengecek persiapan pengawasan PSU.

"Hari ini sampai malam tetap ada patroli pengawasan agar tidak ada serangan fajar, tidak ada pembagian uang yang dilakukan oleh siapa pun yang punya kepentingan untuk mendapat suara pada pemungutan suara ulang besok," kata anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi, di kantor Bawaslu Kabupaten Kerinci, Jambi, Rabu (26/5/2021).

Ratna mengatakan permasalahan utama di Pilgub sebelumnya terkait daftar pemilih. Dia mengatakan hal itu menyebabkan Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan membatalkan rekapitulasi suara di 88 TPS.

Ratna mengatakan pengawas TPS akan mengecek calon pemilih berdasarkan KTP elektronik sekaligus formulir C7 (daftar hadir). Dia menyebut hal itu dilakukan agar pengawas dapat memastikan pemilih hadir sesuai surat suara yang digunakan.

"Apa yang menjadi alat kontrol kita? Pertama formulir pemanggilan pemberitahuan. Jadi formulir C7 pemberitahuan kalau dulu kita selalu katakan, tidak ada formulir C7 tetap bisa datang ke TPS karena itu bukan syarat untuk bisa memilih. Tapi dalam PSU ini kita harus pastikan dia bawa formulir C7 pemberitahuan karena KPU diwajibkan menyampaikan itu sebagai tanda pemilih betul-betul yang memenuhi syarat," jelasnya.

Ratna mengatakan suara dari 88 TPS se-Provinsi Jambi dapat mempengaruhi hasil pemilihan secara signifikan. Dia mengatakan Bawaslu ingin menjamin PSU berjalan lancar tanpa kecurangan.

"Kita harus pastikan pemilih itu menggunakan hak pilih sesuai apa yang dikehendaki, tidak ada politik uang, tidak ada pengarahan, tidak ada intimidasi, tidak ada mobilisasi," ujarnya.

Bawaslu RI juga melakukan pengecekan ke sejumlah TPS di Kabupaten Kerinci, Jambi. Salah satunya di TPS 2 Desa Koto Tuo Ujung Pasir. Seluruh perlengkapan untuk PSU telah tersusun rapi.

Kepala Desa setempat, Sunandar, mengatakan ada 291 pemilih yang terdaftar di TPS ini. Kebutuhan logistik PSU seperti surat suara dan lainnya masih dalam perjalanan.

"Semuanya (persiapan) sudah hampir rampung, tinggal menunggu logistik masih di jalan. Malam ini masih kami pantau penuh dan jaga sampai besok," kata Sunandar.

Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya memerintahkan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Jambi di sejumlah TPS dari lima kabupaten/kota. Putusan itu diketok atas gugatan ibu tiri eks Gubernur Jambi Zumi Zola, Ratu Munawaroh.

"Menyatakan batal dan tidak sah surat keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang yang disiarkan di channel YouTube, Senin (23/3).

Di PSU nanti ada 3 paslon yang akan dipilih oleh masyarakat. Paslon itu terdiri atas nomor urut 01 Cek Endra dan Ratu Munawaroh yang merupakan ibu tiri Zola, lalu nomor urut 02 Fahrori-Syafril Nursal, dan paslon 03 Al Haris dan Abdullah Sani. Ketiga paslon akan memperebutkan suara dengan total DPT 29.278 suara.

(haf/haf)