ADVERTISEMENT

Suasana Perayaan Waisak di Wihara Dharma Bhakti Jakbar Pagi Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 09:00 WIB
Suasana perayaan Waisak di Wihara Dharma Bhakti (Karin/detikcom)
Suasana perayaan Waisak di Wihara Dharma Bhakti (Karin/detikcom)
Jakarta -

Umat Buddha tengah merayakan Hari Raya Waisak tahun Buddhis atau 2021. Sejumlah umat Buddha terlihat mendatangi Wihara Dharma Bhakti, Tamansari, Jakarta Barat, untuk beribadah.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (26/5/2021), pukul 08.15 WIB, umat terlihat sudah berdatangan ke wihara tertua di Jakarta itu. Suasana di Wihara Dharma Bhakti tampak lengang.

Di dalam wihara, nyala lilin berwarna merah menandai berjalannya proses ibadah. Bau asap hio atau dupa menyeruak di sekitar lokasi wihara.

Umat Buddha bersembahyang di depan altar sambil membawa hio untuk dipersembahkan. Sempat terdengar pula tabuhan alat musik, seperti beduk, untuk mengiringi umat yang beribadah. Lantunan musik juga terdengar di sekitar wihara.

Umat terlihat tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Suasana perayaan Waisak di Wihara Dharma Bhakti (Karin/detikcom)Suasana perayaan Waisak di Wihara Dharma Bhakti (Karin/detikcom)

Terlihat di depan pintu masuk para pengunjung diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya, kemudian mereka juga diarahkan mencuci tangan di wastafel yang telah tersedia. Tak terlihat kerumunan umat di sini.

Salah satu petugas mengatakan tidak ada perayaan besar di wihara ini. Pada hari Waisak seperti ini, hanya ada ibadah biasa.

"Nggak ada perayaan besar di sini, hanya ibadah biasa. Kalau kita di umat Islam itu seperti Maulid. Jadi ya hanya ibadah biasa saja di sini. Ini juga pengunjung kita batasi nggak sampai 50 persen. Mereka yang di atas ini hanya diberi waktu lima menit untuk ibadah," katanya.

Hingga saat ini, situasi ibadah di Wihara Dharma Bhakti terpantau kondusif. Di sekitar lokasi juga tak ada penjagaan ketat dari aparat keamanan.

Di sekitar wihara juga terlihat beberapa pengemis. Mereka mengharapkan sumbangan dari umat yang berkunjung untuk ibadah.

"Pak, ayo, beri kami sedikit rezeki. Saya sebatang kara di sini," ujar salah satu pengemis.

Simak juga 'Saat Umat Buddha Makassar Rayakan Waisak Via Streaming':

[Gambas:Video 20detik]



(man/man)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT