Jokowi: Selamat Waisak, Selalu Ada Cahaya Terang Sesudah Kegelapan

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 08:36 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Hari ini umat Buddha merayakan Hari Raya Waisak 2565 Tahun Buddhis. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut memberikan ucapan.

"Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak pada hari ini tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi," ujar Jokowi melalui akun Instagramnya, Rabu (26/5/2021).

Jokowi meyakini, meski saat ini Indonesia sedang dalam kesulitan, akan ada cahaya terang dalam kegelapan. Dia meyakini akan ada kemudahan setelah masa pandemi dilalui.

"Tapi kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap kedamaian dan ketenangan selalu menyertai. "Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita semua," katanya.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Sebelumnya, Kemenag mengeluarkan panduan perayaan Hari Raya Waisak di masa pandemi. Berikut panduannya:

1. Kegiatan sosial seperti karya bakti di Taman Makam Pahlawan dan bakti sosial menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Pastikan semua peserta yang mengikuti kegiatan sosial dalam kondisi sehat;
b. Seluruh peserta wajib mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, memberikan salam dengan anjali (mengatupkan kedua belah tangan di depan dada) dan melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat;
c. Pengaturan jumlah peserta kegiatan sosial maksimal 30% dari kapasitas tempat kegiatan agar memudahkan penerapan jaga jarak; dan
d. Kegiatan sosial dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin.

Lihat video saat 'Umat Buddha Makassar Rayakan Waisak Via Streaming' di Tahun Lalu:

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.