Round-Up

Urusan Mantan Sakit Hati di Balik Viral Video Bakar Al-Qur'an

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 05:57 WIB
Ilustrasi patah hati
Ilustrasi patah hati (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Motif viral video pembakaran Al-Qur'an terungkap. Urusan sakit hati dengan mantan pacar jadi alasan pelaku mengunggah video pembakaran kitab suci yang dicomot dari internet itu.

Kasus ini bermula saat video pembakaran Al-Qur'an viral di media sosial. Polisi kemudian menelusuri video viral itu.

Video itu diunggah oleh akun diduga milik wanita inisial F yang beralamat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Belakangan diketahui, akun itu dikendalikan M, mantan pacar F.

"Nama akun sudah diperiksa, tapi namanya dipakai orang," kata ujar Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Adriansyah kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Lantaran sakit hati karena gagal asmara itu, pelaku memalsukan akun mantan pacarnya. M diamankan di Jakarta Barat.

"Ketersinggungan akhirnya dengan maksud untuk membalas dendam atau membalas sakit hati, maka membuat akun palsu atas nama wanita tersebut dengan melempar ujaran kebencian bersampul ujaran kebencian terhadap agama," kata Azis, Selasa (25/5).

"Setelah kita telusuri, ternyata itu digunakan oleh mantan teman laki-laki dari wanita yang namanya digunakan untuk menyebarkan kebencian tersebut," ujar Azis.

M menggunakan ujaran kebencian berbasis agama karena dianggap cepat viral. Perbuatannya itu, M merasa balas dendamnya terhadap F tersampaikan.

"Kemudian kenapa dia melakukan hal tersebut dengan menggunakan identitas agama, agar menjadi cepat viral begitu, balas dendamnya tersampaikan kepada wanita tersebut," jelas Azis.

Selanjutnya
Halaman
1 2