Round-Up

Terjawab Teka-teki Viral Al-Qur'an Dibakar Usai Pelaku Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 07:38 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi garis polisi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Teka-teki soal video viral pembakaran Al-Qur'an di media sosial akhirnya terjawab sudah. Pelaku bukan seorang wanita inisial F sebagaimana diviralkan di media sosial, melainkan seorang laki-laki.

Kasus ini bermula dari adanya unggahan sebuah akun Instagram berisi video aksi pembakaran. Video itu kemudian viral di media sosial.

Dari video tersebut terlihat api membakar setengah Al-Qur'an dan ada kata-kata tidak pantas yang ditulis di halaman kitab suci itu.

Beberapa akun Instagram lain bereaksi dengan membagikan tangkapan layar pembakaran dan membagikan ulang konten tersebut. Terdapat pula foto KTP seorang perempuan yang beralamat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang diduga pemilik akun tersebut.

Polisi kemudian menyelidiki video viral itu. Senin (24/5/2021) dini hari, polisi menangkap pelaku sebenarnya yang ternyata adalah laki-laki.


Pemilik Akun Diperiksa

Menyelidiki video viral itu, Polres Metro Jakarta Selatan turun tangan menyelidiki. Polisi kemudian meminta keterangan wanita inisial F pemilik akun tersebut.

Wanita pemilik akun tersebut dimintai keterangan polisi pada Sabtu (22/5) malam. Dalam keterangannya kepada polisi, pemilik akun mengungkapkan akun miliknya digunakan oleh orang lain.

"Nama akun sudah diperiksa, tapi namanya dipakai orang," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah seperti dilansir Antara, Minggu (23/5/2021).


Akun Diduga Di-hack

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pemilik akun sudah tidak menggunakan akunnya sejak Oktober 2020.

"F mengakui akun itu pernah milik dia, tetapi sejak 2020 bulan Oktober itu sudah tidak aktif lagi," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Pemilik akun mencurigai seseorang telah meretas akun miliknya itu.

"Tim lagi bekerja untuk mengejar pelaku karena yang bersangkutan merasa akunnya telah di-hack," imbuhnya.

Simak video 'Polisi: Akun Wanita Viralkan Bakar Al-Qur'an Diduga Diretas':

[Gambas:Video 20detik]




Halaman selanjutnya, pelaku sebenarnya seorang laki-laki telah ditangkap