Bima Arya Paparkan Fokus Apeksi, Bangun Jaringan Data Kota-Kolaborasi

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 23:20 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Foto: M. Sholihin
Jakarta -

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya dalam HUT ke-21 Apeksi menjelaskan ke depan Apeksi akan fokus pada tiga hal. Fokus tersebut adalah membangun jaringan data kota, kolaborasi, dan kebersamaan.

Wali Kota Bogor tersebut menjelaskan di masa sekarang, penggunaan data lebih relevan dibanding masa-masa sebelumnya. Sehingga, menurutnya ke depan kota-kota harus digerakkan dan didorong dengan kekuatan gagasan serta kelengkapan data.

"Karena itu target pertama kita akan fokus membangun jaringan data kota yang akan menjadi referensi kebijakan ke depan," kata Bima dalam acara HUT ke-21 Apeksi di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Bima menjelaskan data tersebut meliputi data investasi, potensi daerah, UMKM, dan lainnya. Data tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masing-masing kota dan rencananya akan dibangun secara bertahap dalam tiga tahun ke depan.

"Dalam tiga tahun secara bertahap data kota ini akan kita bangun sehingga pada nantinya betul-betul bisa menjadi referensi kebijakan. Jadi Apeksi ini kita harap tidak hanya menjadi target sosialisasi dan tidak hanya menjadi sarana untuk berbagi pengalaman tetapi juga bisa menjadi referensi kebijakan bagi pemerintah," lanjutnya.

Fokus kedua menurutnya adalah Apeksi akan terus membangun kolaborasi dan sinergi antara para kepala daerah, melampaui sekat-sekat politik. Kolaborasi ini dapat dimanfaatkan untuk menduplikasi praktek-praktek terbaik dari masing-masing kota.

Ia menjelaskan ada daerah yang unggul di bidang sampah dan lingkungan, ada yang fokus pada kinerja reformasi birokrasi, dan sebagainya. Untuk meningkatkan kolaborasi menurutnya diwujudkan misalnya dalam rapat yang diiringi jalan sehat, olahraga, dan sebagainya.

"Yang ketiga, kita sangat paham bahwa kebersamaan kita keberadaan kita, hubungan kita juga akan sangat menentukan persatuan kita. Karena keberagaman adalah keniscayaan, perbedaan adalah keharusan, tapi persatuan, kebersamaan harus terus diperjuangkan. Bersatunya para pemimpin di daerah akan berbanding lurus dengan kerukunan warganya, itu mimpi kami," katanya.

Bima menjelaskan banyak kegiatan digagas oleh Apeksi wujudnya kesan dan membangun kebersamaan. Menurutnya Apeksi bisa mewarisi semangat ini tidak hanya kepada pengganti wali kota atau wakil wali kota saja, melainkan juga kepada anak-anak di kota masing-masing yang bercita-cita menjadi wali kota atau bupati pada masanya.

Menurutnya tahun depan di Kota Padang untuk pertama kalinya Apeksi juga akan menyelenggarakan Jambore Apeksi yang pertama. Anak-anak muda dari 98 kota di Indonesia, bertukar pikiran, berbagi pengalaman, saling menginspirasi, untuk menjaga NKRI dan mempersiapkan masa depan.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut hadir pula dari Apeksi, Ketua Dewan Pengawas: Syarif Fasha/Walikota Jambi, Anggota Dewan Pengawas: Arief Wismansyah/Walikota Tangerang Wakil Ketua: Marten Taha/Walikota Gorontalo, Wakil Ketua: Abdullah Abu Bakar/Walikota Kediri, Wakil Ketua: Maulan Aklil/Walikota Pangkalpinang, Sekretaris Dewan Pengurus:Alwis Rustam/Direktur Eksekuti, Bendahara: Dewanti Rumpoko/Walikota Batu, Ketua Komisariat Wilayah II: Prana Putra Sohe/Walikota Lubuklinggau, Ketua Komisariat Wilayah III: Dedy Yon Supriyono/Walikota Tegal, Ketua Komisariat Wilayah IV: Jefirstson Riwu Kore/ Walikota Kupang, Ketua Komisariat Wilayah V: Khairul/Walikota Tarakan, beserta para anggota.

Hadir pula dari Apkasi, yakni Ketum Apkasi, Sutan Riska Tuanku kerajaan, Bupati Dharmasraya, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, Bupati Sijunjung, Benny Dwipa Yuswir, dan Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang.

(prf/ega)