Bima Arya: Kalau Apeksi-Apkasi Bersinergi Selesai Persoalan Negara Ini

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 22:44 WIB
Pemkot Bogor
Foto: dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya menjelaskan impitan ekonomi, tekanan sosial, dan politik selalu ada bagi kepala daerah. Namun semangat kolaborasi dapat membuat semuanya bisa diatasi dengan mudah.

Wali Kota Bogor tersebut menjelaskan Apeksi memiliki 98 anggota yang mengelola Rp 200 triliun APBD untuk 70 juta jiwa penduduk Indonesia. Sedangkan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memiliki populasi 200 juta jiwa penduduk Indonesia.

"Kalau penduduk Indonesia jumlahnya 270 juta jiwa, 70 juta jiwanya di Apeksi, 200 juta jiwanya di Apkasi, jadi kalau Apeksi-Apkasi berkolaborasi, selesai persoalan negara ini," tegasnya dalam acara HUT ke-21 Apeksi di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Lebih lanjut Bima menjelaskan kolaborasi di antara Apeksi dan Apkasi akan memberikan efek yang dahsyat bagi pertumbuhan dan percepatan laju ekonomi. Menurutnya jika wilayah kota didorong berkembang maka kabupaten akan ikut berkembang.

"Himpitan ekonomi luar biasa, masalah ekonomi, tekanan politik ada, tetapi ketika dihadapkan dengan semangat kolaborasi maka segala sesuatu akan lebih mudah," lanjutnya.

Bima Arya mengatakan melalui kolaborasi akan ada duplikasi dari praktek-praktek kebijakan terbaik. Masing-masing kepala daerah bisa saling belajar mengenai keunggulan dari masing-masing kota.

"Ada yang unggul di bidang sampah dan lingkungan, ada yang sangat fokus pada kinerja reformasi birokrasi. Kita senang untuk saling berbagi satu sama lain dan menduplikasi praktek-praktek terbaik," lanjutnya.

Tidak hanya dengan Apeksi, ia juga menyebutkan pentingnya kolaborasi bersama pihak lain yang ia sebut dengan skema kolaborasi pentahelix. Kolaborasi tersebut melibatkan pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas, dan media.

"Pemerintah, komunitas, kampus, dan bisnis itu semua kalau bisa bersama-sama menata kota akan menggerakkan perubahan kota dengan jauh lebih cepat," paparnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut hadir pula dari Apeksi, Ketua Dewan Pengawas: Syarif Fasha/Walikota Jambi, Anggota Dewan Pengawas: Arief Wismansyah/Walikota Tangerang Wakil Ketua: Marten Taha/Walikota Gorontalo, Wakil Ketua: Abdullah Abu Bakar/Walikota Kediri, Wakil Ketua: Maulan Aklil/Walikota Pangkalpinang, Sekretaris Dewan Pengurus:Alwis Rustam/Direktur Eksekuti, Bendahara: Dewanti Rumpoko/Walikota Batu, Ketua Komisariat Wilayah II: Prana Putra Sohe/Walikota Lubuklinggau, Ketua Komisariat Wilayah III: Dedy Yon Supriyono/Walikota Tegal, Ketua Komisariat Wilayah IV: Jefirstson Riwu Kore/ Walikota Kupang, Ketua Komisariat Wilayah V: Khairul/Walikota Tarakan, beserta para anggota.

Hadir pula dari Apkasi, yakni Ketum Apkasi, Sutan Riska Tuanku kerajaan, Bupati Dharmasraya, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, Bupati Sijunjung, Benny Dwipa Yuswir, dan Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang.

(prf/ega)