Praperadilan RJ Lino Ditolak, KPK Lanjutkan Penyidikan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 19:11 WIB
Jakarta -

Hakim menolak permohonan praperadilan yang diajukan tersangka korupsi pengadaan tiga unit quay container crane (QCC) di PT Pelindo II, RJ Lino. KPK akan melanjutkan penyidikan usai praperadilan RJ Lino ditolak.

"KPK apresiasi putusan hakim yang menolak permohonan pra peradilan yang diajukan oleh tersangka RJL," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

"Putusan ini menegaskan proses penanganan perkara oleh KPK telah dilakukan sesuai dengan mekanisme ketentuan hukum yang berlaku," sambungnya.

Selanjutnya, Ali mengatakan KPK akan melanjutkan penyidikan terhadap RJ Lino. Setelah itu, KPK akan segera melimpahkan perkara ini ke pengadilan tipikor.

"Kami akan melanjutkan penyidikan dan segera melimpahkan perkara tersebut ke pengadilan tindak pidana korupsi," katanya.

Sebelumnya, hakim tunggal PN Jaksel Morgan Simanjuntak menolak praperadilan RJ Lino. Dia juga menegaskan penyidikan KPK sah sesuai dengan prosedur hukum.

"Mengadili, menolak permohonan praperadilan," kata hakim tunggal Morgan Simanjuntak, Selasa (25/5).

Hakim menyatakan proses penyidikan kasus tersebut sudah sesuai dengan prosedur. Hakim menolak dalil pemohon yang menyatakan penyidikan sudah lewat batas waktu.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: