92 Ribu Pemudik Balik ke Jakarta Dites Corona, 596 Orang Positif

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 11:59 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus
Kombes Yusri Yunus (Rahmat Fathan/detikcom)
Bekasi -

Polda Metro Jaya terus menggencarkan pemeriksaan terhadap warga yang mudik dan kembali ke Jakarta. Total, ada 92 ribu warga mudik yang telah dilakukan pemeriksaan COVID-19.

"Saya informasikan di sini, selama sembilan hari setelah Lebaran, kita sudah memeriksa sekitar 92 ribu warga yang arus pulang mudik warga wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dari kesemuanya ini, ada 596 yang positif," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Avenzel Hotel and Convention, Jl Raya Kranggan, Jati Sampurna, Kota Bekasi, Selasa (25/5/2021).

Yusri menyampaikan ratusan warga yang terpapar virus Corona itu dilakukan tes di pos-pos penyekatan arus balik mudik. Selain itu, ada warga pemudik yang dites swab antigen di polsek.

"Kita temukan di titik-titik penyekatan maupun juga yang dilakukan pemeriksaan swab antigen oleh para Bhabinkamtibmas maupun Kapolsek langsung di polsek-polsek," ucap Yusri.

Dia mengandai-andai, jika satu dari ratusan orang yang terpapar COVID-19 itu lolos, dapat menularkan tiga orang lainnya. Lalu, jika ke-596 orang tersebut lolos, belasan ribu orang akan tertular COVID-19 hanya dalam kurun waktu sehari.

"Kita berandai, satu orang saja lolos yang positif ini, bisa menularkan minimal tiga orang. Bagaimana kalau 596 orang ini lolos, berarti bisa dikali tiga. 1.800-an yang akan positif, minimal itu, menularkan ke 1.800 orang, dalam satu hari," kata Yusri.

Lebih jauh, Yusri juga berandai-andai, jika hal tersebut berjalan dua hingga tiga hari, penyebaran COVID-19 tak akan usai.

"Sampai kapan COVID ini akan selesai. Nah, ini yang kita gugah hatinya masyarakat," tutur dia.

Simak juga video 'Tes Covid-19 Bagi Pemudik Sumatera Diperpanjang Hingga 31 Mei':

[Gambas:Video 20detik]