Kesaksian Warga Sempat Kejar Kolor Ijo yang Bikin Geger di Langkat Sumut

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 10:28 WIB
Screenshot video viral kolor ijo di Langkat, Sumut
Screenshot video viral dinarasikan kolor ijo di Langkat, Sumut (Foto: dok. Istimewa)

Kasubbag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting mengatakan Kapolsek Binjai AKP Budiadin bersama anggota telah mengecek ke lokasi video yang viral di media sosial (medsos). Pengecekan itu dilakukan pada pukul 13.00 WIB di Dusun I, Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Langkat.

"Setelah dicek, peristiwa itu benar terjadi di rumah salah satu warga bernama Mulyadi (46)," ujar Siswanto.

Menurut keterangan Mulyadi, kata Siswanto, peristiwa itu terjadi pada Minggu (23/5) sekitar pukul 03.40 WIB. Awalnya Mulyadi bersama istrinya sedang tidur, lalu mendengar suara jendela yang dibuka dari luar rumah. Kemudian keduanya bangun dan melihat CCTV di dalam kamar.

"Melihat bahwa ada seorang laki-laki tanpa baju dan memakai tutup kepala warna oranye yang sedang membuka jendela kamar dan setelah itu pergi," sebut Siswanto.

Hanya Mitos Belaka

Dosen antropologi Universitas Negeri Medan (Unimed) Erond L Damanik mengatakan kolor ijo itu digambarkan dengan sosok manusia kecil. Kolor ijo ini disebut mitos di masyarakat Jawa.

"Itu kan manusia kecil yang dikatakan memiliki celana pendek berwarna hijau. Itu sebenarnya mitos Jawa," ucap Erond kepada wartawan, Senin (24/5/).

Erond mengatakan masyarakat asli Sumut sebenarnya tidak mengenal yang namanya kolor ijo. Dia mengatakan apa yang terekam CCTV di rumah warga di Langkat bukan kolor ijo.

"Nggak, mana mungkin. Salah mereka menafsirkannya itu berarti. Kolor ijo itu manusia jadi-jadian yang bisa berubah sosok menjadi hantu yang bisa mencelakai orang lain dan itu ditandai dengan dia pakai kolor warna hijau," ucapnya.


(haf/haf)