Geger 'Kolor Ijo' di Langkat Sumut, Polisi Imbau Warga Ronda

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 20:16 WIB
Polisi usut sosok kolor ijo bikin geger warga Langkat, Sumut (dok Istimewa)
Polisi mengusut sosok kolor ijo yang bikin geger warga Langkat, Sumut. (Dok. Istimewa)
Medan -

Video viral yang disebut menunjukkan kolor ijo masuk ke rumah warga di Langkat, Sumatera Utara (Sumut), masih diselidiki. Polisi mengimbau warga agar membuat ronda malam supaya peristiwa itu tidak terulang.

Kasubbag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting mengatakan Kapolsek Binjai AKP Budiadin bersama anggota telah mengecek ke lokasi video yang viral di media sosial (medsos). Pengecekan itu dilakukan pada pukul 13.00 WIB tadi di Dusun I, Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Langkat.

"Setelah dicek, peristiwa itu benar terjadi di rumah salah satu warga bernama Mulyadi (46)," ujar Siswanto, Senin (24/5/2021).

Menurut keterangan Mulyadi, peristiwa itu terjadi pada Minggu (23/5) sekitar pukul 03.40 WIB. Awalnya Mulyadi bersama istrinya sedang tidur, lalu mendengar suara jendela yang dibuka dari luar rumah. Kemudian keduanya bangun dan melihat CCTV di dalam kamar.

"Melihat bahwa ada seorang laki-laki tanpa baju dan memakai tutup kepala warna oranye yang sedang membuka jendela kamar dan setelah itu pergi," sebut Siswanto.

Screenshot video viral kolor ijo di Langkat, SumutScreenshot video viral kolor ijo di Langkat, Sumut (Dok. Istimewa)

Keesokan harinya, Mulyadi mendengar bahwa ada seorang laki-laki tanpa baju juga masuk ke rumah Herliyanti (38), yang tak jauh dari rumahnya. Herliyanti menjelaskan kejadian itu juga terjadi pada Minggu (23/5), pukul 05.30 WIB.

Dia awalnya bangun tidur dan membuka pintu belakang. Dia lalu salat. Seusai salat, dia tidur-tiduran di dalam kamar.

"Tak lama kemudian Herliyanti merasa curiga ada orang masuk ke dalam kamar lalu dia berbalik arah dan bangun serta melihat ada seorang laki-laki tanpa baju, memakai tutup kepala warna oranye di dalam kamar. Setelah itu Herliyanti menjerit minta tolong. Kemudian laki-laki tanpa baju tersebut melarikan diri dari belakang rumah," ujar Siswanto.

Setelah itu, Herliyanti bersama beberapa warga mencari di sekitar belakang rumah. Warga menemukan tutup kepala yang dipakai laki-laki itu.

"Herliyanti bersama dengan beberapa orang warga mencari di sekitar belakang rumah dan ditemukan tutup kepala yang dipakai oleh laki-laki tanpa baju tersebut dalam keadaan terbakar," sebut Siswanto.

Setelah peristiwa itu, kata Siswanto, petugas mengimbau warga agar melaksanakan ronda malam. Hal itu untuk mengantisipasi peristiwa terulang.

"Kapolsek Binjai AKP Budiadin mengimbau kepada Kadus I Desa Sendang Rejo agar membuat ronda malam agar tidak ada lagi kejadian tersebut," sebut Siswanto.

Sosok yang disebut kolor ijo tersebut masih diselidiki polisi.

(jbr/jbr)