Jokowi Resmi Lantik Sugianto-Edy Jadi Gubernur-Wagub Kalteng

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 10:15 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sugianto Sabran sebagai Gubernur Kalimantan Tengah dan Edy Pratowo sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Sugianto dan Edy merupakan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Tengah terpilih pada Pilkada 2020.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021). Turut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden.

Setelah itu, rohaniwan mendampingi Sugianto dan Edy saat pembacaan sumpah jabatan. Sumpah jabatan dipandu oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Sugianto dan Edy mengikuti Jokowi.

Setelah dilantik, Sugianto dan Edy mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu hadirin.

Untuk diketahui, Pilgub Kalteng 2020 diikuti dua pasang calon, yakni Ben Brahim-Ujang Iskandar serta Sugianto Sabran-Edy Pratowo. Sugianto Sabran merupakan petahana Gubernur Kalteng dan pasangannya, Edy Pratowo, merupakan Bupati Pulang Pisau.

Setelah melalui tahapan demi tahapan pilkada, Sugianto Sabran-Edy Pratowo berhasil mengungguli raihan suara Ben Brahim-Ujang, sehingga terpilih dan menjadi pemenang Pilgub Kalteng. Kemenangan Sugianto-Edy sempat digugat ke MK. Namun MK menolak gugatan Ben Ibrahim-Ujang Iskandar.

(mae/dhn)