Niat Tayamum dan Tata Cara yang Benar, Lengkap dengan Doa

Kristina - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 19:47 WIB
tayamum
Foto: iStock
Jakarta -

Bersuci merupakan kewajiban setiap muslim sebelum melaksanakan ibadah. Lazimnya hal itu dilakukan dengan wudhu, namun apabila tidak ada air maka diperbolehkan untuk menggantinya dengan tayamum.

Syaikh Abu Bakar Jabar Al-Jazairi dalam kitabnya Minhajul Muslim menjelaskan, tayamum disyariatkan dalam Al Quran dan As-Sunnah (hadits). Allah SWT berfirman dalam QS. An Nisaa' ayat 43 sebagai berikut,

وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا

Artinya: "Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An Nisaa': 43).

Sementara itu, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i dan Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesuatu di permukaan bumi adalah tempat wudhu seorang Muslim meskipun dia tidak menemukan air selama sepuluh tahun." (HR. An-Nasa'i dan Ibnu Hibban).


Orang yang boleh tayamum

Tayamum disyariatkan bagi orang yang tidak menemukan air setelah mencarinya dengan susah payah. Selain itu, orang yang sakit atau khawatir sakitnya akan bertambah parah jika menggunakan air untuk bersuci maka ia boleh bertayamum.

Merujuk pada penggalan QS At-Taghabun ayat 6, orang yang menemukan air namun tidak mencukupi untuk bersuci, maka diperbolehkan baginya berwudhu dengan air seadanya dan melanjutkan bagian lainnya dengan tayamum.

"Maka bertakwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian..." (QS. At-Taghabun: 16)

Hal yang membatalkan tayamum

Ada dua hal dapat membatalkan tayamum antara lain sebagai berikut:

1. Segala hal yang membatalkan wudhu. Pada intinya tayamum adalah pengganti wudhu. Maka dari itu, hal-hal yang membatalkan wudhu secara otomatis juga membatalkan tayamum.

2. Ada air. Apabila menemukan air sebelum memulai sholat atau berada di tengah-tengah sholat maka tayamum yang dilakukan batal. Sedangkan orang yang sudah selesai sholat lalu menemukan air, maka sholatnya tetap sah dan tidak perlu mengulanginya lagi.

Klik halaman selanjutnya