3 Calon Sekda Riau Lolos Seleksi Gantikan Yan Prana yang Terjerat Korupsi

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 16:44 WIB
Ilustrasi kursi kosong
Foto: Ilustrasi (iStock)
Pekanbaru -

Tiga nama lolos seleksi sebagai calon Sekretaris Daerah (Sekda) Riau untuk menggantikan Yan Prana Jaya yang tersandung dugaan korupsi Rp 1,8 miliar. Ketiga nama itu bakal dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tiga nama itu dinyatakan lolos seleksi oleh Panitia Seleksi Terbuka Sekdaprov Riau yang diumumkan di hari ini. Mereka yang lolos ialah yakni Indra Suandi, Said Mustafa dan SF Hariyanto.

"Jadi yang menetapkan satu nama dari tiga nama yang diusulkan itu pemerintah pusat, bukan Pak Gubernur Riau (Syamsuar). Pak Gubernur hanya menyampaikan tiga nama yang direkomendasikan tim Pansel," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwa, Senin (24/5/2021).

Gubernur, kata Ikhwan, mengusulkan tiga nama untuk diserahkan ke Kemendagri. Selanjutnya, ketiga nama itu diteruskan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dibuatkan SK pengangkatan.

"Selanjutnya nama dikirim ke Kemendagri dan diteruskan ke Presiden untuk dibuatkan SK pengangkatannya," ucap Ikhwan.

Setelah resmi diumumkan lulus seleksi, ketiga kandidat calon Sekda Riau diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan jasmani dan rohani. Sesuai jadwal, tes kesehatan akan dilaksanakan, Selasa (25/5) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan.

Setelah mengikuti tes kesehatan rohani dan jasmani di RSJ Tampan, tiga nama peserta yang lulus seleksi akan dilaporkan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Kalau rekomendasi dari KASN sudah keluar, Pak Gubernur akan melaporkan ke Mendagri dan diajukan SK pengangkatan, SK-nya nanti langsung Pak Presiden yang menandatangani," kata Ikhwan.

Sebelumnya, seleksi terbuka untuk jabatan Sekda Riau telah dimulai sejak April 2021. Seleksi dibuka setelah Yan Prana Indra yang menjabat sebagai Sekda tersandung kasus dugaan korupsi Rp 1,8 miliar.

Yan Prana kemudian ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Riau pada Desember 2020 lalu. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menetapkan Yan Prana dikasus dugaan korupsi Rp 1,8 miliar saat masih menjabat sebagai Kepala Bappeda Siak.

(ras/haf)