detikcom Do Your Magic

Jam Sibuk, Ojol Mangkal di Setengah Lajur Jalan Depan Stasiun Manggarai

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 10:29 WIB
Kondisi ojol mangkal atau ngetem di Jl Manggarai Utara 1 depan Stasiun Manggarai, Jaksel, 24 Mei 2021, pagi. (Wilda HN/detikcom)
Kondisi ojol mangkal atau ngetem di Jl Manggarai Utara 1 depan Stasiun Manggarai, Jaksel, 24 Mei 2021, pagi. (Wilda HN/detikcom)
Jakarta -

Arus lalu lintas dekat pintu masuk Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan tersendat. Kendaraan yang melintas ke arah ke Menteng, Jakarta Pusat harus mengurangi kecepatan karena ada ojek online (ojol) yang mangkal memanjang di depan pintu masuk Stasiun Manggarai.

Pantauan detikcom di pintu masuk Stasiun Manggarai, Jl Manggarai Utara 1, Jakarta Selatan, Senin (24/5/2021) pada jam sibuk pukul 09.20 WIB, sepeda motor milik driver ojol itu terparkir di badan jalan depan pintu masuk stasiun. Puluhan ojol itu tampak berbaris memanjang mengenakan jaket hijau khas.

Para driver ojol itu duduk dan menunggu di sepeda motor masing-masing sembari melihat ke arah pintu masuk Stasiun Manggarai. Para ojol terkadang meneriakkan nama sang calon penumpang yang sudah memesan di aplikasi.

Badan jalan yang digunakan parkir ojol ini merupakan jalan searah yang mengarah ke Jl Manggarai Utara 2, Jl Tambak, dan Jl Menteng. Arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan karena hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan roda empat.

Kondisi ojol mangkal atau ngetem di Jl Manggarai Utara 1 depan Stasiun Manggarai, Jaksel, 24 Mei 2021, pagi. (Wilda HN/detikcom)Kondisi ojol mangkal atau ngetem di Jl Manggarai Utara 1 depan Stasiun Manggarai, Jaksel, 24 Mei 2021, pagi. (Wilda HN/detikcom)

Lebar jalan persis di depan Stasiun kira-kira muat untuk dilewati dua mobil secara beriringan. Jalan di depan stasiun ini terdiri dari dua lajur. Namun, setengah lajur digunakan ojol sepeda motor untuk menunggu penumpang, alias mengetem.

Ada pula ojek pangkalan dan bajaj yang terparkir di dekat pintu masuk Stasiun Manggarai. Lokasi mereka tidak memakan bahu jalan.

Selanjutnya, rencana Dishub DKI Jakarta soal tempat ojol mangkal: