detikcom Do Your Magic

Pengguna KRL Harap Ada Shelter Ojol di Stasiun Manggarai

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 17:28 WIB
Ojol mangkal di Stasiun Manggarai, Jumat (21/5/2021).
Ojol mangkal di Stasiun Manggarai (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pengemudi (driver) ojek online (ojol) parkir di bahu jalan hingga membuat sempit jalan di depan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Karena itu, diharap ada penataan di Stasiun Manggarai.

"Sudah ada perbaikan, terus ada mangkal ojol terus jalan jadi sempit, risi lah, bikin macet," kata pengguna KRL, Supardi (40), di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (21/5/2021).

Supardi meminta agar ada sebuah shelter untuk mencegah ojol parkir sembarangan. Supardi juga mencontohkan seperti di Stasiun Sudirman yang telah menyediakan shelter untuk ojol.

"Tolong di-ini aja lah, dibikinin shelter lah buat ojol, udah itu kaya di Stasiun Sudirman gitu kan udah ada shelter-nya," ucapnya.

Ditemui selanjutnya, Jessica Aurelia (27) berpendapat, tidak ada tempat khusus membuat ojol memakai bahu jalan. Efeknya, terjadi kemacetan di depan Stasiun Manggarai.

"Risih sih nggak, karena kebetulan aku pengguna ojol ya, tapi kadang mereka berhentinya suka nggak tahu tempat, terus kadang suka makan jalan gitu kalau berhenti, walaupun emang banyak angkot juga yang begitu cuman ya, ojol salah satu pemicu macet juga di jalanan," tuturnya.

Sama seperti Supardi, Jessica berharap ojol dibuatkan shelter atau tempat khusus. Para driver ojol pasti akan paham di mana tempat seharusnya dia berhenti, mengangkut, atau menurunkan penumpang.

Ojol mangkal di Stasiun Manggarai, Jumat (21/5/2021).Ojol mangkal di Stasiun Manggarai, Jumat (21/5/2021). (Wilda/detikcom)

"Harapannnya ojol lebih paham di mana mereka harus berhenti. Ya harusnya buat perusahaan ojol kayak Grab, Gojek, itu kaya stand buat mereka nongkrong, kan kalau di Stasiun Sudirman ada tuh Grab, pick-up shelter-nya gitu kan, jadi tahu ojolnya buat pick-up customer-nya di mana, kalau di sini sendiri kan nggak ada ya," jelasnya.

Lain halnya dengan Lia Arunisa (33), dia mengatakan pangkalan ojol yang dekat dengan pintu Stasiun Manggarai ini memudahkan baginya untuk menemukan driver ojol. Kendati demikian, ia juga menyarankan agar para ojol ini mempunyai tempat khusus agar lebih tertata.

"Ya gimana ya, kalau di sini tuh lebih dekat ya ke penumpang. Jadi antara risi sama nggak sih. Ke depannya semoga nanti ojek-ojek online ini disediain tempat khusus, jadinya mereka gampang naik ojolnya juga gitu nggak kejauhan dan nggak ngeganggu jalan kayak gini juga," ujarnya.