Sempat Tutup Sementara, Ancol Ganti Tiket Pengunjung dengan 2 Reschedule

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 14:43 WIB
Wisatawan di Ancol. (Rahmat Fathan/detikcom)
Wisatawan di Ancol (Rahmat Fathan/detikcom)

Secara terpisah, Eko (37), warga Tangerang, mengatakan sengaja baru datang ke Ancol sepekan setelah libur Lebaran. Sebab, Eko khawatir terjadinya lonjakan jumlah kasus COVID-19 jika datang ke Ancol di masa-masa libur Lebaran.

"Memang nggak pengin karena dikhawatirkan ya yang seperti kemarin itu. Pengunjungnya membeludak, kita takut ada tsunami COVID. Makanya kita cari seminggu setelah Lebaran, nyari waktu yang agak kosong," kata Eko.

Wisatawan di Ancol. (Rahmat Fathan/detikcom)Eko (37), wisatawan di Ancol. (Rahmat Fathan/detikcom)

Berbeda dengan Eko, Panjaitan (49), warga Bekasi, Jawa Barat, sempat ingin mendatangi Ancol dua hari setelah Idul Fitri. Namun, Panjaitan mengurungkan niatnya setelah mengetahui pengunjung Ancol sempat membeludak hingga akhirnya ditutup sementara.

"Waktu itu sebenarnya ada rencana sih. Saya kan abis pergi, pengin mampir ke sini, ternyata gitu (ramai), nggak berani. (Jadi) pengin ke sini juga Lebaran kedua. Cuma nggak jadi. Rame banget," tutur Panjaitan.

Untuk diketahui, Pemprov DKI sempat menutup sementara tempat wisata di Jakarta. Selain Ancol, Taman Mini Indonesia Indah serta Taman Margasatwa Ragunan juga ditutup.

Penutupan ini bentuk evaluasi dari kerumunan yang ditimbulkan oleh masyarakat saat libur Lebaran. Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya dalam sebuah surat edaran yang diberikan kepada pengelola tiga tempat wisata itu. Surat edaran itu tertanggal Sabtu (15/5).

Sejumlah wisatawan pun kecewa tidak bisa masuk ke area wisata Ancol, Jakarta Utara (Jakut). Mereka tidak mengetahui terkait adanya penutupan.

Salah satunya Ayu (24), calon pengunjung asal Kota Tangerang, Banten. Dia kecewa lantaran sudah datang sejak pagi tapi Ancol ternyata ditutup.

"Jam 06.30 WIB. Iya sengaja pagi. Soalnya, kalau siang, pasti rame. Tahunya ditutup," kata Ayu kepada detikcom di Gerbang Timur Ancol, Minggu (16/5) sepekan lalu.


(dnu/dnu)