Perketat Protokol Kesehatan, Pengunjung Ancol Dites Swab Antigen Secara Acak

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 13:40 WIB
Pengunjung Ancol dites Swab Secara Acak
Pengunjung Ancol dites swab secara acak. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka setelah sempat ditutup sementara akhir pekan lalu. Protokol kesehatan diperketat, pengunjung pun dilakukan tes swab antigen COVID-19 secara acak.

Pantauan detikcom di lokasi Sabtu (22/5/2021) pukul 12.00 WIB, tampak sejumlah petugas kepolisian ditemani Satpol PP mendatangi salah satu keluarga yang sedang berekreasi di Ancol.

Polisi melakukan tes swab antigen kepada para pengujung tersebut. Salah seorang pengujung asal Cibarusah yang dites swab antigen, Ngatiman (44), mengaku tak terganggu oleh kegiatan ini.

"Ada senangnya sih, untuk antisipasi kalau kita ada gejala itu. Nggak terganggu, sih. Memang karena kondisi COVID, jadi harus kita ikuti prosedurnya," ujar Ngatiman.

Pengunjung yang didapati reaktif setelah dites swab antigen nantinya akan dibawa ke Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Petugas kepolisian rencananya akan melakukan tes swab antigen terhadap 200 pengunjung di kawasan Ancol hari ini.

"Kurang-lebih 200 antigen. (Yang reaktif) dibawa ke Wisma Atlet. Keluarga yang lainnya, kalau nggak, ya kita suruh pulang, karena kan antisipasi," ujar salah seorang polisi yang melakukan tes acak swab antigen.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan pihaknya memang menerapkan protokol yang ketat setelah penutupan sementara akhir pekan lalu. Menurutnya, para pengunjung dibatasi jaraknya dengan marka dan patroli petugas rutin dilakukan.

"Di sepanjang kawasan pantai itu kami memberikan marka atau tanda-tanda physical distancing. Itu dalam bentuk kotak-kotak supaya pengunjung dapat mengisi kotak itu dan ada jaga jarak antarpengunjung," ucap Rika saat ditemui detikcom di lokasi.

Dilihat detikcom, pengelola Ancol memasang marka bagi para pengunjung yang duduk-duduk di kawasan pantai. Marka tersebut berwarna kuning dan berjarak satu dengan yang lainnya.

Selain itu, para petugas rutin melakukan patroli. Petugas patroli tersebut memakai pengeras suara, mengimbau para pengunjung tertib menjalankan protokol kesehatan.

"Terus penambahan dari tim patroli. Itu terdiri dari internal Ancol, kemudian tiga pilar, yaitu Satpol PP, TNI, dan kepolisian, yang jumlahnya kami tambahkan dibandingkan hari biasa. Jadi weekend atau akhir pekan itu jumlahnya kami terus tambahkan, tetapi di weekday juga ada tim yang terus-menerus bersiaga dan melakukan patroli. Patroli itu kami mulai dari pukul 6 pagi sampai nanti menjelang tutup," kata Rika.

Simak juga 'Tes Antigen Acak di Jalur Pantura Karawang, Pemudik: Capek, Ribet':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)