ART Culik Bayi Prajurit di Jaktim untuk Diberi ke Saudara Tak Punya Anak

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 14:02 WIB
Ilustrasi penculikan anak
Ilustrasi penculikan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Polisi menangkap asisten rumah tangga (ART) berinisial S karena diduga menculik bayi D, yang merupakan anak prajurit TNI, Serda R. Polisi juga mengungkap motif S.

S diketahui baru bekerja dengan keluarga korban selama lima hari. Polisi menyebut S mengaku menculik anak tersebut karena ingin diberikan kepada keluarganya yang belum memiliki anak di kampung.

"Jadi dia membawa anak itu dari Jakarta ke Indramayu mau diserahkan ke saudaranya yang tidak punya anak di kampung," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur Kompol Indra Tarigan saat dimintai konfirmasi, Sabtu (22/5/2021).

Polisi masih mendalami sejak kapan pelaku merencanakan aksinya tersebut. Pihak keluarga di kampung, kata Indra, juga tidak mengetahui anak yang dibawa pelaku merupakan hasil penculikan.

"Belum tahu karena pelaku kan baru datang, baru sampai di situ (Indramayu)," ujar Indra.

Polisi belum menemukan indikasi pelaku mengalami gangguan jiwa. Indra mengatakan S dinilai melakukan aksinya secara sadar.

"Pelaku sudah ditahan, sudah diproses hukum," ungkap Indra.

Pelaku S dijerat Pasal 328 KUHP tentang penculikan. Dia terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Seperti diketahui, aksi penculikan bayi dari prajurit Kodam Jaya itu terekam CCTV. Bayi itu terlihat digendong oleh ART-nya, S (37), keluar dari rumah.

"Dicarilah keliling asrama, nggak ditemuin. Akhirnya suami mengecek CCTV di sekitar sini," kata Rifdatul Husna, ibu Daffa, saat dihubungi detikcom, Jumat (21/5).

Rifda ialah istri Serda R. Mereka tinggal di Rusun Kodam Jaya di wilayah Cililitan, Jakarta Timur.

Setelah polisi melakukan penyelidikan, pelaku dan korban diamankan kurang dari 24 jam. Keduanya ditemukan petugas di daerah Indramayu, Jawa Barat, pada Jumat (21/5) sore.

Simak video 'Terekam CCTV! Detik-detik ART Culik Anak Prajurit Kodam Jaya di Cililitan':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/haf)