Polisi-Satpol PP Tegur Warga Piknik Tanpa Jaga Jarak di TMII

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 10:53 WIB
Suasana di TMII, pukul 09.45 WIB, Sabtu (22/5/2021)/Yogi-detikcom
Suasana di TMII pukul 09.45 WIB, Sabtu (22/5/2021). (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polisi dan Satpol PP menegur pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang piknik di bawah pohon tanpa menjaga jarak. Warga diminta tidak membuat kerumunan demi mencegah penularan Corona.

Pantauan detikcom di TMII, Jakarta Timur, sekitar pukul 09.45 WIB, Sabtu (22/5/2021), terlihat petugas dari kepolisian dan Satpol PP mendatangi pengunjung yang piknik tanpa menjaga jarak di sekitar Plaza Tugu Api Pancasila.

"Tolong, Ibu dan Bapak, jangan duduknya dempetan. Wisata boleh tapi ikuti aturan protokol kesehatan," imbau petugas dengan pengeras suara.

Ada sejumlah tikar hitam yang telah disiapkan di lokasi. Jarak satu tikar dengan tikar lainnya telah diatur agar tidak menimbulkan kerumunan.

Namun beberapa pengunjung terlihat membawa tikar sendiri dan duduk di lokasi tanpa menjaga jarak antartikar. Kapolsek Cipayung Kompol Tatik mengatakan pihaknya bakal berpatroli untuk memastikan warga memakai masker dan menjaga jarak.

"Kita sekarang fokus atur jarak mereka di mana dia mau camping istilahnya, ada tikar-tikar yang sudah disiapkan ini tidak digelar-gelar lagi sehingga tidak terjadi kerumunan yang berdempetan," kata Tatik.

Dia mengatakan kawasan sekitar Tugu Api Pancasila menjadi titik yang banyak dijadikan lokasi piknik pengunjung TMII. Penjagaan di lokasi akan diperketat.

"Petugas dan manajemen terus mengingatkan supaya jangan sampai ada kerumunan yang berdempetan. Karena Taman Mini kan wisata keluarga. Mereka rata-rata datang dengan satu keluarga," ujar Tatik.

Hingga pukul 10.00 WIB, pengunjung terus mendatangi TMII. Mobil dan motor tampak silih berganti masuk dari gerbang 1 dan 3 TMII.

Simak video 'Ironi Pembukaan Lokasi Wisata di Libur Lebaran Berujung Penutupan':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/haf)