Duh! Masih Ada Pesepeda di Sudirman-Thamrin Keluar Jalur Gowes Pagi Ini

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 08:22 WIB
Masih banyak di antara mereka yang bersepeda di jalan berkendara umum, meski sudah disediakan jalur khusus, Sabtu (22/5/2021) pagi.
Pesepeda gowes di luar jalur sepeda (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Jalur khusus sepeda disediakan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, untuk para pesepeda yang ingin berolahraga tanpa gangguan kendaraan bermotor. Namun tetap saja masih banyak pesepeda yang keluar dari jalur sepeda.

Pantauan detikcom, Sabtu (22/5/2021), pukul 07.50 WIB, pesepeda yang berolahraga tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pada hari Minggu. Masih banyak di antara mereka yang bersepeda di jalan berkendara umum, meski sudah disediakan jalur khusus.

Kebanyakan dari mereka yang keluar jalur sepeda adalah rombongan pesepeda. Sepeda yang digunakan pun beragam, mulai road bike hingga sepeda lipat.

Di Jalan Sudirman-Thamrin, tepatnya di depan FX Sudirman, hanya ada satu petugas dari kepolisian. Petugas itu tidak terlihat berusaha mengimbau pesepeda yang melaju di jalan raya untuk masuk ke jalur khusus. Justru mendapat candaan dari pesepeda.

"Pak, tangkap nih, Pak, pesepeda nggak pakai helm," ucap salah satu pesepeda sambil tertawa.

Sementara itu, tidak ada motor yang masuk ke jalur sepeda pagi ini. Kondisi lalu lintas di Jalan Sudirman-Thamrin lancar.

Diketahui, polisi sempat mengkaji peniadaan jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pembangunan jalur sepeda akan terus berlanjut.

"Jalur sepeda tetap akan dilanjutkan pembangunannya," ujar Syafrin di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek Km 34, Bekasi, Minggu (16/5).

Syafrin menjelaskan pembangunan jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin dilakukan dengan perencanaan matang dan komprehensif. Semua stakeholder diundang dalam perencanaan pembangunan ini.

(rfs/rfs)