Round-Up

Geliat Aksi Bela Palestina di Penjuru Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 21:07 WIB
Israel dan Hamas sepakat untuk melakukan gencatan senjata. Meski telah melakukan gencatan senjata, aksi bela Palestina masih bergaung di sejumlah daerah RI.
Foto Aksi Bela Palestina (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta -

Aksi bela Palestina digelar di berbagai lokasi di Indonesia. Berikut adalah kabar aksi massa tersebut dari berbagai daerah.

Dihimpun detikcom pada Jumat (21/5/2021) malam ini, aksi-aksi bela Palestina digelar di Jakarta, Ciamis, Palu, dan Solo.

Jakarta

Aksi Bela Palestina di Ibu Kota Negara digelar, berpusat di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Ada pula massa di kawasan Patung Kuda, dekat Monas. Aksi benar-benar dimulai selepas tengah hari, atau selepas salat Jumat.

Anak-anak hingga orang dewasa ikut demo ini. Bendera Palestina dibawa. Polisi, TNI, Satpol PP, dan petugas Dinas Perhubungan DKI berjaga di sekitar Kedubas AS. Ada 3.162 personel polisi yang berjaga mengamankan demo di Jakarta. Kerumunan jelas terjadi, polisi mengingatkan agar para peserta aksi menjaga jarak karena ini masih pandemi COVID-19.

Di depan Kedubes AS, ada demonstran yang menyalakan flare. Asapnya berwarna hijau. Kabagops Polres Jakarta Pusat AKBP Guntur Muhammad Thariq langsung menegur. Dia meminta koordinator aksi mengatur pesertanya supaya tidak menyalakan flare.

Sejumlah massa yang gunakan atribut HMI diamankan polisi di dekat Kedubes AS. Massa HMI yang sedang unjuk rasa terkait Palestina itu dianggap melanggar aturan.Sejumlah massa yang gunakan atribut HMI diamankan polisi di dekat Kedubes AS. Massa HMI yang sedang unjuk rasa terkait Palestina itu dianggap melanggar aturan. Foto: Rifkianto Nugroho

Ada peserta yang diamankan polisi. Pantauan detikcom di depan Kedubes AS, ada massa beratribut HMI yang berorasi melaju ke Jl Ridwan Rais. Macet terjadi. Kabagops Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Guntur Muhammad Thariq memberi peringatan.

"Anda melanggar aturan. Silakan pindah tempat. Masyarakat tidak akan simpatik kalau begini caranya. Ini peringatan pertama!" kata Guntur. Usai peringatan ketiga, polisi mengamankan massa beratribut HMI itu.

Massa aksi beratribut HMI tersebut terlihat diamankan sejumlah petugas yang memakai baju hazmat atau alat pelindung diri (APD). Ada pula anggota kepolisian yang memakai baju dinas lainnya saat mengamankan peserta aksi. Total, ada 12 orang (belakangan disebut 11 orang) yang diamankan dari peristiwa ini. Mereka diamankan karena tidak mematuhi protokol kesehatan, demikian kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Pukul 16.24 WIB, seorang pendemo yang mengenakan kostum karakter Money Heist diamankan. Pakaiannya merah menyala. Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto menyatakan orang tersebut diamankan karena terkait bakar-bakaran di demonstrasi itu. Namun polisi di lapangan mengajak orang untuk tenang, karena orang tersebut hanya akan dimintai keterangan.

Pendemi aksi bela Palestina di Kedubes AS diamankan (Fathan/detikcom)Pendemi aksi bela Palestina di Kedubes AS diamankan (Fathan/detikcom)

Selanjutnya, Ciamis dan Palu: