Dukung Palestina, Massa Gelar Aksi Damai di Alun-alun Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 14:43 WIB
Ciamis -

Dukungan terhadap rakyat Palestina di tanah air terus disuarakan. Kali ini datang dari ribuan warga Ciamis, Jawa Barat, yang tergabung dalam Aliansi Peduli Palestina yang melakukan aksi damai di Taman Alun-alun Ciamis, Jumat (21/5/2021) siang.

Aksi damai ini diawali dengan long march berkeliling di pusat perkotaan Ciamis. Kemudian massa melakukan orasi di Alun-alun Ciamis. Aliansi ini gabungan dari komunitas, ormas dan masyarakat Ciamis.

Dengan memakai atribut bendera Palestina dan spanduk bertuliskan 'Bela Palestina' mereka menyuarakan untuk bebaskan Palestina dari penjajahan Israel. Tak hanya itu, massa pun membawa tiruan roket bertuliskan Hamas sebagai simbol dukungan.

"Aksi damai sebagai bentuk pernyataan sikap kita dan bentuk solidaritas, rasa cinta, ukhuwah Islamiyyah terhadap saudara muslim kita di Palestina. Sehingga apa yang terjadi di Palestina juga dirasakan oleh warga Ciamis," ujar Koordinator Aksi, Dadan Darmawan.

Aksi bela Palestina di CiamisAksi bela Palestina di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah

Dadan mengatakan dalam aksi ini menuntut Palestina agar dibebaskan dari penjajahan Israel. Selain itu, massa juga melaksanakan doa bersama untuk keselamatan rakyat Palestina.

"Perundingan dan gencatan senjata itu tidak akan lama, sewaktu-wakti bisa terjadi lagi. Jadi harus dibebaskan. Kami mengajak kepada seluruh umat Islam untuk ikut menyuarakan dukungan terhadap Palestina," katanya.

Massa aksi pun meminta Pemerintah Indonesia untuk secara masif turut serta membantu rakyat Palestina. Terutama agar terbebas dari penjajahan zionis Israel.

"Alhamdulillah sangat apresiasi, masyarakat Ciamis saat ini turun ke jalan menyuarakan aksi bela Palestina. Meskipun jauh tapi kita ikut merasakan," pungkasnya.

(mso/mso)