Round-Up

Bak di Tuban, Desa Miliarder Muncul Lagi di Sulawesi Selatan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 20:39 WIB
Takalar -

Desa Miliarder seperti di Tubang, Jawa Timur, muncul di Sulawesi Selatan (Sulsel). Puluhan warga langsung membeli sejumlah mobil.

Desa yang kini menjadi desa miliarder adalah Desa Kale Komara, di Takalar, Sulsel. Warga desa tersebut mendapat ganti rugi lahan proyek bendungan.

Dulu, pembebasan lahan milik warga untuk proyek bendungan Pammukkulu sebelumnya ramai diprotes karena nilainya hanya Rp 3.500 per meter. Warga setempat kemudian rutin melakukan unjuk rasa sejak awal 2019 hingga sepanjang 2020 untuk memprotes nilai ganti rugi lahan tersebut.

"Sekarang ganti rugi perameter itu bervariasi, ada yang Rp 20 ribu per meter dan ada yang Rp 25 ribu," ujar salah seorang warga Kale Komara, Parawansa, kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Dari hasil itulah, warga mulai membeli mobil biasa hingga truk. "Puluhan orang kalau yang beli mobil, ada sekitar 20. Tapi ada juga yang beli mobil besar, mobil tongkang," katanya.

Parawansa menyebut dia dan warga lainnya pada bulan puasa lalu menerima uang ganti rugi lahan untuk pembangunan Bendungan Pammukkulu milik pemerintah. Ratusan juta telah dipegang oleh Parawansa.

"Kalau saya baru terima kurang-lebih Rp 700 juta. Belum semua itu (belum semua lahan tuntas ganti ruginya)," ujar Parawansa.