DPR Terima Surat Nama Calon Dubes RI dari Jokowi

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 13:18 WIB
Pembangunan gedung baru untuk DPR RI menuai kritikan berbagai pihak walaupun Ketua DPR Setya Novanto menyebut Presiden Jokowi telah setuju pembangunan tersebut. Tetapi Presiden Jokowi belum teken Perpres tentang pembangunan Gedung DPR. Lamhot Aritonang/detikcom.
Gedung MPR/DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

DPR RI menerima lagi surat Presiden (surpres) Joko Widodo (Jokowi) berisi nama-nama calon duta besar (dubes) RI. DPR memastikan akan menindaklanjuti surpres berisi nama-nama calon Dubes RI itu.

Penerimaan surpres tersebut diungkapkan dalam rapat paripurna DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021). Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Pimpinan Dewan telah menerima enam pucuk surat dari Presiden," kata Cak Imin dalam rapat.

Satu dari enam surat yang diterima DPR adalah terkait nama-nama calon dubes tertanggal 29 April 2021. Namun tidak dijabarkan nama-nama calon dubes yang tertera dalam surat tersebut.

"Surat nomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021 perihal Permohonan Pertimbangan atas Pencalonan Duta Besar dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk Indonesia," ungkap Cak Imin.

Cak Imin memastikan DPR akan menindaklanjuti surat-surat tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Terkait duta besar RI merupakan kewenangan Komisi I DPR.

Sekadar mengingatkan, sebelum surat tertanggal 29 April 2021 ini, DPR sudah lebih dulu menerima surpres dengan perihal yang sama, yakni nama-nama calon Dubes RI. Ada 31 nama calon dubes dalam surpres yang diterima DPR sebelum yang diungkapkan hari ini.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengonfirmasi penerimaan surpres berisi 31 nama calon dubes itu pada 19 Februari 2021. Surat tersebut menjadi perhatian publik karena nama mantan Menkes Terawan Agus Putranto disebut-sebut tertera di dalamnya sebagai calon dubes.

"Ya (surpres berisi nama calon dubes) sudah diterima pimpinan DPR seminggu yang lalu," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2).

"Ada 31 duta besar yang namanya tercantum dalam surat tersebut. Saya nggak hafal nama-namanya," imbuhnya.

Dari daftar nama yang beredar yang diterima detikcom, Jumat (19/2), Terawan menjadi calon Dubes RI di Madrid, Spanyol. Selain nama Terawan, juga ada beberapa nama lainnya, seperti Rosan Roeslani dan Zuhairi Misrawi.

Simak juga 'Wanti-wanti Kenaikan Kasus Corona, Jokowi: Naik Nggak Apa-apa Tapi Kecil Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)