Surat 31 Nama Calon Dubes Sudah Diterima Pimpinan DPR

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 14:07 WIB
Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad
Sufmi Dasco Ahmad (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Pimpinan DPR RI mengkonfirmasi sudah menerima surat presiden (surpres) berisi nama-nama calon duta besar (dubes) RI dari pemerintah. Ada puluhan nama calon dubes RI yang tertuang dalam surat tersebut.

"Ya (surpres berisi nama calon dubes) sudah diterima pimpinan DPR seminggu yang lalu," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Menurut Dasco, ada 31 nama yang direkomendasikan untuk menjadi dubes. Namun Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu belum mau mengungkap nama-namanya.

"Ada 31 duta besar yang namanya tercantum dalam surat tersebut. Saya nggak hafal nama-namanya," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan hal serupa. Menurut Meutya, surat rekomendasi nama calon dubes sudah diterima pimpinan DPR RI, namun belum diterima Komisi I.

"Surat Presiden belum kami terima di Komisi I, masih di pimpinan DPR," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, daftar nama calon dubes RI di beberapa negara beredar melalui pesan berantai atau broadcast aplikasi perpesanan. Salah satu nama dalam daftar tersebut adalah mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Dari daftar nama yang beredar yang diterima detikcom, Jumat (19/2/2021), Terawan menjadi calon Dubes RI di Madrid, Spanyol. Selain nama Terawan, juga ada beberapa nama lainnya, seperti Rosan Roeslani.

Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang dihubungi mengatakan tidak bisa memberikan konfirmasi perihal nama-nama calon dubes.

"Saya tidak bisa konfirmasi," kata Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Jumat (19/2).

Simak video 'Blak-blakan Dubes RI untuk AS Bicara Soal Biden, Sebentar Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



Nama-nama calon dubes yang beredar ada di halaman berikutnya.