Pemudik Di-swab di 6 Wilayah Kabupaten Bekasi, 4 Orang Reaktif Diisolasi

yogi - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 12:23 WIB
Kegiatan swab pemudik di lima wilayah Kabupaten Bekasi. Foto dikirim Kapolsek masing-masing.
Polisi melakukan swab pemudik yang kembali ke wilayah Serang Baru, Kabupaten Bekasi. (Foto: dok. Istimewa)
Bekasi -

Polisi melakukan swab antigen terhadap para pemudik yang kembali ke wilayah Kabupaten Bekasi. Di lima wilayah Kabupaten Bekasi, yakni di Kecamatan Tambun, Cikarang Pusat, Setu, Tambelang, dan Serang Baru, total sudah 617 yang di-swab dan hasilnya empat orang dinyatakan reaktif.

Dalam upaya ini, polisi melakukan swab antigen secara stasioner di pos penyekatan dan secara mobile dengan mendatangi rumah pemudik. Salah satunya di wilayah Polsek Tambun, total sudah 79 pemudik yang di-swab dan 1 orang dinyatakan reaktif telah diisolasi mandiri.

"Adanya arus balik ini sudah diantisipasi oleh jajaran Muspika Tambun dimulai dengan upaya-upaya penempelan stiker di rumah pemudik, pembuatan posko pelayanan swab antigen gratis, hingga jemput bola dengan mobile swabber," jelas Kapolsek Tambun AKP Rusnawati dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Sementara itu, Polsek Cikarang Pusat melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi para pemudik yang sudah kembali ke rumahnya di samping pelaksanaan swab di 6 posko Kampung Tangguh Jaya.

Kegiatan swab pemudik di lima wilayah Kabupaten Bekasi. Foto dikirim Kapolsek masing-masing.Kegiatan penempelan stiker di rumah warga di Tambun, Kabupaten Bekasi, yang baru pulang mudik (Dok.istimewa)

"Hasil pelaksanaan tes swab sampai saat ini telah melakukan swab sebanyak 245 orang dengan hasil 1 orang warga diketahui hasilnya reaktif," ujar Kapolsek Cikarang Pusat AKP Zaini.

Pemudik yang reaktif tersebut diisolasi mandiri di tempat yang sudah ditentukan selama 14 hari. Polsek Cikarang Pusat juga menempeli rumah pemudik dengan stiker agar mereka mau melakukan swab setelah pulang mudik.

Selanjutnya, di wilayah Polsek Tambelang sudah ada 54 pemudik yang mengikutoi swab antigen pada Senin (17/5). Dari hasil swab antigen tersebut, seluruhnya negatif dan diperbolehkan melakukan aktivitas kembali.

Kegiatan swab pemudik di lima wilayah Kabupaten Bekasi. Foto dikirim Kapolsek masing-masing.Kegiatan swab antigen pemudik di Polsek Cikarang Utara (Foto: dok. istimewa)

"Swab antigen kami lakukan kepada, baik yang pulang mudik atau warga pendatang baru yang akan bermukim di wilayah Polsek Tambelang," ujar Kapolsek Tambelang AKP Shodirin.

Sementara itu, Polsek Serang Baru telah melakukan swab kepada 200 pemudik selama 17-19 Mei 2021. Dari angka tersebut, satu orang pemudik dinyatakan reaktif COVID dan telah diisolasi.

"Untuk warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 telah dilakukan karantina/isolasi terpusat di Hotel Ibis Jababeka Kabupaten Bekasi," ujar Kapolsek Serang Baru AKP Somantri.

Sebanyak 40 pemudik di wilayah Kecamatan Setu dites swab pada Kamis (20/5) pagi. Kegiatan swab antigen ini dilaksanakan di Kampung Tangguh Jaya RW 07 Blok N Perum BTR, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

"Hasilnya, 39 orang negatif dan 1 orang positif dilakukan isolasi mandiri dan dilanjutkan swab PCR tanggal 25 Mei nanti di Puskesmas Setu," kata Kapolsek Setu AKP Mukmin.

Polisi bersama Satgas COVID-19 juga melaksanakan swab antigen ke 11 pemudik di Bumi Kahuripan Indah (BKI), Desa Sukahurip, Kecamatan Sukatani dan warga Perum Star Perdana Residence desa Sukamanah Kecamatan Sukatani. Kapolsek Sukatani AKP Akhmadi mengatakan dari hasil pemeriksaan seluruhnya negatif COVID-19.

Lihat Video: 372 Orang Di-swab Antigen di KM 34B Tol Japek Pagi ini, 3 Positif

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)