detikcom Do Your Magic

Cerita Ketua RT: Sempat Ada Tawuran di Johar Baru Saat Pertengahan Ramadhan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 14:28 WIB
Ketua RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana
Ketua RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Ketua RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana bercerita sempat ada tawuran di Johar Baru, Jakarta Pusat, tak jauh dari Jembatan Kota Paris saat pertengahan Ramadhan 2021. Namun, tawuran itu hanya berlangsung sebentar dan disebut tidak sampai terjadi bentrokan parah.

"Aman, alhamdulillah. Pas malam takbiran tidak ada, pertengahan puasa, pas malam Jumat kalau nggak salah," ujar RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana saat ditemui detikcom Do Your Magic di lokasi, Selasa (19/5/2021).

Maman bercerita tawuran itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dan disebut terjadi kurang dari setengah jam. Padahal di area tersebut tampak sebuah pos pengamanan tawuran dari warga. Namun pelaku tawuran mencuri kesempatan saat penjagaan lengah.

"Udah ada (pos penjagaan), tapi suka curi-curi kesempatan. Kalau nggak ada yang jaga langsung tawuran. Kalau tawuran tetap di perempatan yang dekat pos itu," kata Maman.

Diketahui, pelaku tawuran merupakan remaja yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Dua kelompok yang acap kali terlibat tawuran berasal dari daerah Kampung Rawa dan Baladewa.

"Kampung Rawa dan Baladewa, remaja-remaja SMP dan SMA," ujar Maman.

"Paling imbau-imbau aja. Dibubarin disuruh pulang. Tapi kalau udah terlalu banyak juga udah susah. Ya namanya anak remaja itu susah dihalaunya," tambahnya.

Sebelumnya, Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri mengungkapkan belum ada laporan tawuran terjadi di sekitar Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, menjelang akhir Ramadan tahun ini.

"Alhamdulillah (belum ada tawuran di Ramadhan ini). Doakan kondusif terus," ucap Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri, saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Seperti diketahui, menurut pengakuan warga sekitar, tawuran terakhir terjadi pada seminggu sebelum puasa.

Saat ini, Jembatan Kota Paris, yang sering jadi akses tawuran, sedang disulap menjadi taman. Taman itu disebut akan menutup akses bagi orang yang tawuran.

Tonton juga Video: Bubarkan Tawuran di Makassar, Polisi Lepas Tembakan Peringatan

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)