detikcom Do Your Magic

Sempat Dikhawatirkan Akan Dirusak, Begini Kondisi Jembatan Kota Paris

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 11:21 WIB
Kondisi Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (19/5).
Kondisi pengerjaan proyek Jembatan Kota Paris (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom ).
Jakarta -

Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat sempat khawatir pekerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, akan dirusak oleh orang tak bertanggung jawab saat Lebaran. Syukur, tidak ada kerusakan di proyek penghalang akses tawuran tersebut seusai Lebaran.

Pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi, Rabu (19/5/2021), tampak sejumlah petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Kehutanan Jakarta Pusat sedang mengerjakan proyek Jembatan Kota Paris menjadi Taman Jembatan Persatuan.

Ada sekitar 6 orang dengan seragam hijau di lokasi. Mereka terlihat sedang mengangkut karung yang berisi tanah. Tanah-tanah itu akan digunakan sebagai media tanam di jembatan tersebut.

Kondisi Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (19/5).Kondisi Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (19/5). (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Sebagian tanah sudah disebar dan diratakan di area tengah jembatan. Dinding-dinding yang sebelumnya masih memiliki celah kini sudah tertutup rapat menjadi tembok.

Nantinya, jembatan tersebut akan dialihfungsikan menjadi taman dan tidak lagi berfungsi sebagai jembatan penyeberangan orang. Akses masuk jembatan tersebut akan ditutup.

Sepanjang rentang waktu menjelang Lebaran dan pasca-Lebaran Idul Fitri 1442 H, belum ada perusakan yang terjadi di area jembatan.

"Belum ada alhamdulillah aman sejauh ini," ujar seorang petugas Sudin Pertamanan dan Kehutanan Jakarta Pusat.

Kemudian, di samping jembatan, masih berdiri Pos Pengamanan Lebaran 2021. Pos itu berdiri di area yang akan dibuat ruang publik. Belum ada pekerjaan lanjutan pembuatan ruang publik tersebut.

Kondisi Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (19/5).Kondisi Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (19/5). (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda. Dia mengkhawatirkan, bila tidak ada penjagaan saat libur Lebaran, akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Saya takutnya misal nanti Lebaran nggak ada pengamanan, terus sudah ditanami, dicabut-cabutlah. Aduh... saya pusing juga," ungkap Mila, Senin (10/5/2021).

Namun polisi menjamin akan melakukan penjagaan saat libur Lebaran. "Tetap dijaga agar berjalan dengan baik," kata Kapolsek Johar Baru Kompol Edison saat dimintai konfirmasi soal penjagaan sekitar Jembatan Kota Paris, Senin (10/5).

(aik/aik)