Indonesia Akan Beri Bantuan 500 Ribu USD ke Palestina

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 11:50 WIB
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengungkap sejumlah bantuan Pemerintah Indonesia terhadap Palestina. 500 ribu US Dollar (USD) akan diberikan Pemerintah Indonesia ke Palestina.

"Dalam hal bantuan kepada Palestina, Bapak dan Ibu sekalian, Pemerintah Indonesia terus memberikan bantuan kepada Pemerintah Palestina, termasuk kepada pengungsi Palestina. Bantuan tersebut disalurkan melalui program bantuan baik pembangunan untuk pembangunan kapasitas maupun untuk pembangunan perekonomian Palestina," kata Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemlu, Febrian Alphyanto Ruddyard, dalam rapat Komisi I DPR RI, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Pada 2019, Pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan 1 juta USD kepada Palestina. Selain itu, juga diberikan bantuan pelatihan peningkatan kapasitas di bidang makro ekonomi.

"Sejumlah bantuan yang telah diberikan antara lain pada tahun 2019 kita memberikan bantuan sebesar 1 juta US Dollar kepada pengungsi Palestina di Jerash Camp melalui UNRWA pada tahun 2019 juga sudah dilakukan serangkai pelatihan peningkatan kapasitas kepada Pemerintah Rakyat Palestina khususnya di bidang makro ekonomi dan entrepreneurship," ujar Febrian.

Tahun kemarin, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan 1 juta USD untuk mendukung penanganan COVID-19 di Palestina. Pemerintah Indonesia kembali akan memberikan batuan 500 ribu USD.

"Pada tahun 2020, Indonesia kembali memberikan bantuan kepada UNRWA sebesar 1 juta US Dollar yang disalurkan melalui dukungan operasional penanganan COVID-19 dan dukungan kemanusiaan, dan kita juga akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina sebesar 500 ribu Dollar melalui Palang Merah Internasional," imbuhnya.

(rfs/gbr)