Sebagian Rumah Model Panggung di Kp Melayu Sudah Jadi, Begini Penampakannya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 13:16 WIB
Rumah model panggung di Kampung Melayu sudah sebagian rampung.
Rumah model panggung di Kampung Melayu sudah sebagian rampung. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Renovasi rumah model panggung di Kampung Melayu, Jakarta Timur, sudah mulai rampung sebagian. Begini penampakannya.

Pantauan di lokasi, Minggu (16/5/2021), sekitar 5 dari 40 rumah telah selesai dibangun. Tiap rumah dicat warna-warni. Renovasi rumah itu terletak di Jl Kebon Pala III RT 13 RW 4 Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Setiap rumah warga memiliki ukuran yang berbeda tergantung luas tanah yang dimiliki dan keterisian rumah. Tetapi, secara keseluruhan, setiap rumah memiliki jumlah ruangan dan fasilitas yang sama.

Rumah model panggung di Kampung Melayu sudah sebagian rampung.Rumah model panggung di Kampung Melayu dengan halaman di depan rumah. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

detikcom mendapat izin untuk melihat dan masuk ke rumah model panggung yang sudah jadi. Rumah itu milik seorang warga bernama Suyanto (65) yang tinggal bersama 4 orang anggota keluarga. Ukuran rumah milik Suyanto cenderung mungil, hanya berkisar 2 x 5 meter dan memiliki 3 lantai, tanpa halaman di depan rumahnya.

Rumah model panggung di Kampung Melayu sudah sebagian rampung.Rumah model panggung milik Suyanto tanpa halaman di depan rumah. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Untuk rumah dengan lahan yang lebih luas, renovasinya dibuatkan halaman di depan rumah. Ada pilar-pilarnya dan dipasang batu bata untuk halaman depan.

Kembali ke rumah Suyanto, pada lantai satu rumahnya diisi oleh dapur dan pantry berlantai keramik. Selain itu, rumah ini dilengkapi tangga kayu. Menuju lantai 2 rumah milik Suyanto, terdapat 1 ruangan beserta kamar mandi. Selain itu, ada jendela berukuran besar.

Rumah model panggung di Kampung Melayu sudah sebagian rampung.Lantai 2 rumah model panggung milik Suyanto. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Terakhir ruangan lantai 3 memiliki plafon lebih rendah dibandingkan 2 lantai sebelumnya. Selain itu, hanya ada satu lubang ventilasi di ruangan ini. Lantainya juga terbuat dari kayu. Meski sebagian renovasi rumah model panggung ini sudah jadi, warga belum menempati rumah tersebut karena masih menunggu peresmian.

Rumah model panggung di Kampung Melayu sudah sebagian rampung.Lantai 3 rumah model panggung milik Suyanto. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu, Jakarta Timur, menjadi model panggung. Lokasinya berada di kawasan langganan banjir.

Desain kampung vertikal terbagi menjadi tiga zona, yakni zona pendidikan, zona bermain, dan zona ekonomi. Kemudian, ruang terbuka hijau (RTH) akan diposisikan di gang-gang yang tersedia di sekitar situ.

Untuk fondasi rumah panggung akan dibuat setinggi 0,3 meter. Kemudian, lantai 1 setinggi 3,2 meter akan dibangun teras, dapur, serta ruang tamu. Lantai 2 dan 3 yang masing-masing setinggi 2,4 meter dan 3,34 meter akan dibangun kamar tidur dan ruang bersama.

"Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial," kata Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, yang dilihat detikcom, Minggu (4/4/2021).

Simak video 'Pengamat Komentari Rumah Panggung DKI: Tidak Menyelesaikan Masalah Banjir':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)