Penjelasan Pengelola Ragunan soal Warga yang Telanjur Reservasi Online

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 11:45 WIB
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan menutup sementara Taman Margasatwa Ragunan. Namun masih ada pengunjung yang belum mengetahui penutupan tersebut.

Beberapa pengunjung juga mengaku telah melakukan reservasi tiket secara online. Staf Layanan Informasi dan Kehumasan Wahyudi Bambang menyebut tidak ada yang dirugikan akibat penutupan Ragunan hari ini.

"Tiket tidak ada transaksi, kami hanya mendaftarkan saja dan itu nanti bisa daftar ulang di hari Selasa. Itu nanti akan kita buka lagi hari Selasa. Jadi tidak ada yang dirugikan, kami tidak merugikan apa pun kami tidak ada transaksi ya," ujar Bambang kepada wartawan di depan Pintu Masuk Utama Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (16/5/2021).

Bambang menyebut pihak Ragunan telah menginformasikan kepada calon wisatawan yang sebelumnya telah melakukan reservasi online. Pemberitahuan tersebut menginformasikan mengenai penutupan Ragunan hari ini.

"Nanti silakan mendaftar lagi pada hari Selasa, jadi H-1 Selasa. Jadi nanti Senin mereka daftar karena besok kita masih tutup karena kita libur satwa," kata Bambang.

Bambang juga menyampaikan alasan ditutupnya Taman Margasatwa Ragunan. Dia menyebut penutupan ini merupakan hasil rapat koordinasi internal Ragunan.

"Hasil evaluasi memang kita ada baiknya memang ditutup. Jadi koordinasi internal Ragunan ya. Terus kemudian dikuatkan juga dengan surat edaran dari Dinas Pariwisata bahwa ada tiga tempat wisata besar di Jakarta ditutup secara bersamaan di hari yang sama, yaitu hari ini," kata Bambang.

"Untuk itu, hari ini kami lakukan untuk tutup Ragunan dan ini tujuannya untuk perkuatan protokol kesehatan ya. Bukan karena pengunjungnya nggak taat dengan protokol kesehatan kemarin itu nggak ada masalah," lanjutnya.

Dia mengatakan bahwa seluruh pengunjung Taman Margasatwa Ragunan telah mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Ini diketahui dari hasil pengawasan pihak Ragunan kepada wisatawan yang berkunjung.

Selama masa libur Lebaran pada 13-14 Mei 2021 tercatat sebanyak 37.131 wisatawan yang berekreasi di Taman Margasatwa Ragunan.

"Kalau untuk hari Lebaran pertama ada 20.174, kemudian hari kemarin Sabtu ada 17.197 orang," ucap Bambang.

Diberitakan sebelumnya, banyak pengunjung yang telah datang ke Taman Wisata Ragunan, namun diputar balik oleh petugas. Banyak dari mereka yang menanggapi petugas dengan kekecewaannya. Dikarenakan hari ini merupakan hari libur terakhir bagi mereka yang bekerja.

Salah satu pengunjung, Syaiful (30), yang turut membawa serta keluarganya tampak kecewa. Mereka tidak mengetahui informasi penutupan Ragunan tersebut.

"Iya nggak tahu informasinya ini padahal saya udah reservasi tiket di online. Kalau Selasa saya mah sudah kerja," kata Syaiful saat ditemui di depan Pintu Masuk Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(knv/knv)