Tempat Wisata di DKI Berkerumun, PDIP Pertanyakan Ketegasan Anies

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 06:53 WIB
Ima Mahdiah Singgung Anies Soal Keadilan dan Retribusi PKL di Trotoar
Ima Mahdiah (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

PDIP DKI Jakarta mengkritik kerumunan yang terjadi di sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta. PDIP DKI Jakarta mempertanyakan ketegasan Gubernur Anies Baswedan soal aturan buka tutup tempat wisata selama lebaran.

Wakil Ketua Fraksi PDIP DKI, Ima Mahdiah awalnya menyinggung pernyataan komisaris tempat wisata Ancol mengenai persiapan protokol kesehatan selama libur lebaran. Namun di lapangan tetap terjadi kerumunan.

"Jika mengacu pada komentar komisaris Ancol, justru hal itu disengaja agar warga bisa datang ke tempat wisata yang sudah matang persiapan protokol kesehatan nya. Tapi kembali lagi, ini masalah implementasi di lapangan yang sering tidak sinkron dengan kebijakan di atas kertas. Akhirnya terjadi kerumunan massa yang tidak terkendali," kata Ima kepada wartawan, Sabtu (15/5/2021).

Ima kemudian menyoroti kerumunan yang terjadi di Taman Margasatwa Ragunan. Dia menyinggung soal bus gratis yang disediakan oleh Pemprov DKI di kawasan wisata itu.

"Namun saya juga mendapatkan info bahwa Pemprov melalui TransJakarta menyediakan layanan bis gratis ke Ragunan. Ya jelas warga menjadi berbondong-bondong," kata dia.

Kunci pengendalian kerumunan itu, kata Ima, ada di tangan Gubernur. Sebagai pemimpin, Ima menyebut Anies harus tegas dalam membuat aturan.

"Kuncinya jelas, ada ketegasan di level Gubernur. Tanpa itu, saya rasa Pemprov tidak akan bisa mengendalikan masyarakatnya. (Anies) harus (tegas) sebagai pemimpin," kata dia.

Untuk diketahui, sempat terjadi kerumunan di sejumlah tempat wisata di Jakarta. Seperti di Ancol hingga Ragunan. Simak selengkapnya

Saksikan video 'Ancol Tutup Gegara Ditegur Anies? Ini Jawaban Pengelola':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2