H+2 Lebaran, Per Pukul 09.30 WIB Ragunan Diserbu 8.600 Pengunjung

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 12:29 WIB
Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta
Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta (Azhar Bagas Ramadhan)
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan mulai beroperasi sejak H+1 Lebaran. Pada hari kedua, ada 8.600 pengunjung yang menyerbu Ragunan pagi ini.

"Tadi per pukul 9.30 WIB, ini di angka 8.600. Jadi tetap kita akan close di angka yang sudah mendaftarkan online," kata Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati saat ditemui di lokasi, Sabtu (15/5/2021).

Endah mengatakan, untuk registrasi tiket masuk Ragunan secara online, sudah terdaftar sebanyak 27.502 orang. Namun pihaknya akan menutup secara langsung jika pengunjung sudah melebihi jumlah pendaftar.

"Untuk hari ini pendaftaran online kita sudah di angka 27.502 pengunjung. Jadi nanti kami akan tetap melakukan pembatasan di angka tersebut karena memang sudah ketentuan terkait pendaftaran untuk berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan," kata Endah.

Terkait kepadatan di pintu masuk, Endah menyebut pihaknya sebelumnya sudah mengantisipasi hal tersebut. Pihaknya juga bekerja sama dengan berbagai terkait guna mengurai kemacetan.

"Sebenarnya (kepadatan) ini memang sudah antisipasi, rekayasa sudah kita lakukan. Jadi insyaallah ini di depan kepadatan pengunjung ini dapat kita antisipasi karena kita bekerja sama dengan beberapa stakeholder atau instansi terkait," katanya.

Lebih lanjut, Endah menyebut pihak Ragunan sudah melibatkan 50 personel khusus Satgas COVID-19. Secara keseluruhan total ada kurang-lebih 700 personel.

"Untuk prokes ada 50. Tapi yang bertugas di dalam kawasan ini ada 700. Kita berdayakan semua," katanya.

Pantauan detikcom, pukul 08.15 WIB, Sabtu (15/5), terjadi kepadatan di pintu masuk utara pada pengunjung kendaraan roda dua hingga ke jalan raya yang sedang mengantre. Para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua tampak mengantre sepanjang sekitar 100 meter dari pintu masuk. Para petugas terkait dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) terlihat bersiaga di lokasi guna menghindari adanya kemacetan.

Sebagai informasi, Ragunan dibuka sampai 30 Mei 2021 dan beroperasi pada pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB. Namun Ragunan akan ditutup setiap Senin.

Pengunjung yang dibolehkan masuk hanyalah yang ber-KTP DKI Jakarta. Pengunjung diwajibkan registrasi online satu hari sebelum kunjungan melalui situs resmi Ragunan.

Lihat juga Video: Ragunan hingga Ancol Ditutup Selama Pergantian Tahun

[Gambas:Video 20detik]



(run/jbr)