Polisi Imbau Pemudik-Pendatang Swab Test Sebelum Masuk Tangsel

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 13:59 WIB
Pemudik dan Pendatang Diminta Swab Sebelum Masuk Tangsel
Spanduk pemudik yang kembali ke Tangsel diminta mengantongi surat bebas COVID. (Foto: dok. Polres Tangsel)
Tangerang Selatan -

Polres Tangerang Selatan mengantisipasi arus balik yang diprediksi terjadi mulai malam ini. Polisi mengimbau warga yang baru pulang kampung maupun pendatang agar melakukan swab terlebih dahulu sebelum masuk ke wilayah Tangsel.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang memasuki wilayah Tangsel, baik mereka yang kembali dari mudik maupun pendatang, agar melakukan swab sebelum memasuki wilayah tinggalnya," kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Sabtu (15/5/2021).

Warga juga diimbau melakukan isolasi mandiri setiba di tempat tujuan di Tangerang Selatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

"Diimbau juga untuk melakukan isolasi mandiri, sehingga tidak menularkan COVID-19 maupun penyakit lainnya," imbuhnya.

"Warga yang tinggal sudah menahan diri untuk tidak mudik, jangan kemudian membebani mereka dengan kekhawatiran akan tertular COVID-19," sambung Iman.

Sementara itu, sejumlah warga Tangerang Selatan membentangkan spanduk di sekitar lingkungannya. Pada intinya, spanduk warga meminta agar warga yang baru mudik maupun pendatang tidak menyebarkan Corona.

"Kami, Warga Kampung Onyam, Desa Kadu Menolak Para Pemudik yang Kembali Tanpa Hasil Rapid Tes COVID-19," demikian tulisan di salah satu spanduk.

"Kami Warga Kel. Pondok Aren Menolak Keras Pemudik yang Kembali Tanpa Tes Antigen," demikian tulisan spanduk warga Pondok Aren.

Ada juga spanduk yang berisi sindiran untuk pemudik.

"Pergi Suka-Suka, Pulang Diisolasi," demikian tulisan di spanduk tersebut.

(mea/hri)