Warga Lenteng Agung yang Baru Balik Kampung Bakal Di-swab dan Diisolasi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 12:46 WIB
Warga Lenteng Agung yang Baru Balik Kampung Akan Diswab-Diisolasi
Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca Soengkono (tengah). (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengantisipasi warga yang yang baru balik dari kampung halamannya. Petugas akan melakukan swab dan menyiapkan tempat isolasi bagi warga yang kembali ke wilayah Kelurahan Lenteng Agung.

"Kami mengimbau kepada warga Lenteng Agung yang melakukan perjalanan mudik dan akan kembali ke Kelurahan Lenteng Agung untuk melengkapi surat keterangan bebas COVID," kata Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (15/5/2021).

Bayu menjelaskan warga yang baru pulang dari kampung halaman diminta melakukan swab mandiri sebelum kembali ke Kelurahan Lenteng Agung. Warga juga diminta lapor diri ke RT setempat.

"Ketentuannya, harus lapor ke RT dulu. Kalau dia menunjukkan surat bebas COVID saat lapor ke RT, bisa beraktivitas kembali," kata Bayu.

Tetapi, bagi warga yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas COVID, petugas akan memfasilitasi warga untuk melakukan swab antigen di puskesmas kelurahan atau kecamatan. Petugas juga proaktif melakukan pengecekan kepada warga yang baru pulang kampung secara door to door.

"Kalau warga tersebut tidak melapor, petugas akan door to door melakukan pengecekan dan pengawasan," katanya.

Pihak Kelurahan Lenteng Agung juga bekerja sama dengan Kampung Tangguh Jaya. Warga yang baru balik kampung akan di-swab antigen di posko Kampung Tanggung Jaya.

"Kita di-support Kampung Tangguh Jaya juga untuk swab antigen, ada di Kampung Tanggung Jaya RW 08," lanjutnya.

Lebih lanjut, warga yang belum melakukan swab diminta isolasi mandiri terlebih dahulu sambil menunggu jadwal swab. Rumah warga yang melakukan isolasi akan dipasangi stiker.

"Kita pasangi stiker sama seperti tahun lalu, tulisannya 'pendatang mudik ini sedang menjalani isolasi mandiri 14 hari'. Kalau hasilnya negatif, ya kita copot stikernya," katanya.

Bayu menjelaskan tujuan pemasangan stiker ini agar warga juga bisa dengan mudah mengawasinya. Berdasarkan catatannya, ada 125 warga di Kelurahan Lenteng Agung pulang mudik Lebaran 2021.

(mei/hri)