Cegah COVID Saat Arus Balik, Ada 109 Titik Tes Acak di Jawa-Sumatera

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 13:01 WIB
Upaya mengatasi penyebaran virus Corona terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Sejumlah bantuan pun diberikan guna mempercepat penanganan COVID-19.
Ilustrasi tes swab drive thru (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Polisi akan melakukan rapid test secara acak kepada pengendara yang hendak masuk Jakarta di Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Untuk antisipasi perjalanan balik, di Km 47 (Jakarta-Cikampek) mau dilaksanakan rapid test random oleh Polda Jabar (Jawa Barat) yang mau masuk Jakarta," ujar Kakorlantas Polri Irjen Istiono saat dihubungi detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Istiono juga mengatakan saat ini Tol layang MBZ, yang sebelumnya dibuka, sudah ditutup. Istiono mengatakan pihaknya melakukan sistem buka-tutup di Tol Layang MBZ.

"Ya (Tol MBZ ditutup pagi ini). Buka-tutup situasional," katanya.

Dia menjelaskan Polri bekerja sama dengan Satgas COVID-19 nasional dan daerah dalam upaya penanganan arus balik. Rapid test acak dilakukan per hari ini.

"Polri bersama Satgas COVID nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik checkpoint, (terdiri atas ) 26 di rest area dan gate tol dan 83 di titik jalur arteri jalan nasional dari Jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan rapid test antigen secara random yang dilaksanakan mulai hari ini," jelasnya.

Untuk wilayah Sumatera (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi COVID-19. Oleh karena itu, sebelum melakukan penyeberangan, warga harus memegang surat bebas COVID-19. Bila hasil random test menunjukkan positif COVID-19 langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk.

"Terus dilakukan pengawasan dan pengendalian terus-menerus serta koordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi dinamika di lapangan yang setiap saat bisa berubah," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Layang Syeikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) diketahui ditutup selama pelaksanaan larangan mudik dari 6 Mei lalu. Jalan layang tersebut kini bisa kembali dilalui oleh kendaraan.

"Iya, dibuka kembali nanti pukul 20.00 WIB," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Jumat (14/5) malam.

Polisi menutup tol layang tersebut sejak 6 Mei lalu. Penutupan area tersebut dilakukan untuk mempermudah dalam proses penyekatan arus kendaraan yang akan berangkat mudik.

Selain kembali membuka Tol Layang MBZ, Sambodo mengatakan proses penyekatan arus mudik di Tol Cikarang Barat Km 31 telah dihentikan mulai Jumat (14/5) malam.

(zap/jbr)