Total Ada 20.174 Pengunjung Ragunan di Lebaran Hari Kedua

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 16:52 WIB
Ragunan di hari kedua Lebaran 2021 (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Ragunan di hari kedua Lebaran 2021 (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan mulai dibuka hari ini setelah sebelumnya sempat tutup pada Hari Raya Idul Fitri. Total 20.174 orang mengunjungi tempat wisata di Jakarta ini guna memanfaatkan libur Lebaran.

Sesuai dengan data yang diterima detikcom, per pukul 15.00 WIB, Jumat (14/5/2021), 20.174 orang itu didominasi oleh pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua. Di antaranya 3.300 unit kendaraan roda dua, 1.174 kendaraan roda empat, dan 55 sepeda.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan, Wahyudi Bambang, mengatakan kini para pengunjung hampir seluruhnya sudah meninggalkan area Ragunan. Petugas Ragunan juga mengimbau para pengunjung untuk segera meninggalkan lokasi karena sudah mulai ditutup pada pukul 14.00 WIB.

"Sebagian besar pengunjung sudah pulang. Dikit lagi habis," kata Bambang.

Saat beranjak ke luar area Ragunan, para pengunjung diatur oleh petugas gabungan yang di antaranya dari kepolisian dan TNI. Hal itu guna menghindari penumpukan saat keluar area.

Terpantau juga petugas Satlantas Polri mengatur arus lalu lintas di depan pintu gerbang Ragunan. Pengunjung pun keluar dengan rapi, walau tampak cukup ramai volume kendaraan yang keluar.

Sebagai informasi, Ragunan dibuka sampai 30 Mei 2021 dan beroperasi pada pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB. Namun Ragunan akan ditutup setiap Senin.

Pengunjung yang dibolehkan masuk hanyalah yang ber-KTP DKI Jakarta. Pengunjung diwajibkan registrasi online satu hari sebelum kunjungan melalui situs resmi Ragunan.

"Pengunjung wajib mendaftarkan pesanan tiket nya itu adalah secara online. Pemesanannya H-1, jadi seandainya besok itu mau dateng ke sini, harus mendaftarkan melalui link yang sudah kita sediakan," ujarnya.

(gbr/gbr)