Pakai Pengeras Suara, Polisi Minta Peziarah di TPU Tegal Alur Bubar

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 10:11 WIB
Polisi meminta peziarah di TPU Tegal Alur bubar
Polisi mengimbau peziarah di TPU Tegal Alur bubar. (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat (Jakbar), ramai dikunjungi peziarah meskipun kegiatan ziarah kubur di Jakarta ditiadakan hingga Minggu, 16 Mei 2021. Polisi yang datang ke lokasi pun mengimbau para peziarah agar pergi meninggalkan lokasi.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 08.45 WIB, Kapolsek Kalideres Kompol Slamet Riyadi tampak berjalan kaki menyambangi para peziarah yang datang ke TPU Tegal Alur. Dia mengimbau para peziarah pergi.

"Dalam rangka upaya pencegahan penularan COVID-19. Selama COVID-19 masih ada, semua kegiatan dibatasi, termasuk kegiatan yang ada di TPU ini. Kalau situasi normal seperti biasa, itu ndak masalah," ujar Slamet ke para peziarah lewat pengeras suara, Sabtu (15/5/2021).

Slamet lantas meminta para peziarah itu pergi. Dia juga mendatangi langsung peziarah.

"Jadi tolong, Bapak-bapak, Ibu-ibu yang masih di TPU, segera meninggalkan tempat. Pak, tolong segera, Pak. Bapak.... Tolong segera meninggalkan tempat, Pak," ucap Slamet kepada salah satu peziarah.

Namun peziarah tersebut tetap melanjutkan doa-doanya. Slamet sempat berdiri sejenak di depan makam yang diziarahi warga itu.

Tetapi Slamet kembali berjalan kaki. Dia menghampiri peziarah lainnya sembari memberikan imbauan-imbauan agar meninggalkan lokasi.

Slamet didampingi sejumlah anggota TNI dan Satpol PP. Selain berjalan kaki menghampiri peziarah, ada pula petugas kepolisian yang menyampaikan imbauan lewat pengeras suara dari dalam mobil.

Diketahui, kegiatan ziarah kubur di Jakarta ditiadakan pada 12-16 Mei 2021. Keputusan ini diumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai rapat dengan kepala daerah lain di sekitar Jakarta.

Namun, pada kenyataannya, masih banyak warga yang berziarah di sejumlah TPU di Jakarta. Mereka kebanyakan masuk melalui pintu TPU yang tidak dijaga.

Di TPU Tegal Alur, sempat ada kericuhan Jumat (14/5) kemarin pagi. Peziarah protes dan sempat adu mulut dengan petugas karena tidak bisa masuk TPU. Sejumlah warga juga menjebol pagar TPU. Para peziarah yang memaksa masuk akhirnya bubar setelah polisi datang.

Lihat Video: Warga DKI Tetap Ziarah Meski Ditutup, Anies: Petugas Kita Perbanyak

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)