Round-Up

Ramai-ramai Warga ke Tempat Wisata di Hari Kedua Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 21:02 WIB
Suasana di Taman Margasatwa Ragunan pada hari kedua Lebaran
Susana Ragunan pada hari kedua Lebaran (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengizinkan tempat wisata dibuka dengan kapasitas 30 persen dan waktu hingga pukul 21.00 WIB. Pada hari kedua libur Lebaran warga ramai-ramai mengunjungi sejumlah tempat wisata yang berada di wilayah Jakarta.

Diizinkannya tempat wisata dibuka tertuang dalam Seruan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 di masa Libur Idul Fitri 1441 H. Seruan ini ditandatangani oleh Anies pada 10 Mei lalu.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerukan kepada setiap orang yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta mulai dari tanggal 12 Mei 2021 sampai 16 Mei agar meningkatkan aktivitas pencegahan penyebaran COVID-19," demikian isi Sergub Anies seperti dilihat, Kamis (13/5/2021).

Taman Margasatwa Ragunan mulai dibuka pada hari kedua libur Lebaran. Pagi tadi, sebanyak 2.460 pengunjung sudah meramaikan tempat wisata yang ada di Jakarta Selatan ini.

"Data pukul 9 ya pagi ini, ada 2.460 pengunjung. Kemungkinan masih akan terus berjalan pengunjung masih banyak yang masuk nih ya," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan, Wahyudi Bambang, di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (14/5).

Pengunjung Ragunan dibatasi sebanyak 30 persen dari kapasitas biasanya yang sebanyak 100 ribu pengunjung. Hal itu guna menghindari adanya kerumunan.

Pengunjung juga diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan agar tertib akan protokol kesehatan. Selain itu, pengunjung yang boleh masuk hanya yang ber-KTP DKI Jakarta.

"Bahwa pengunjung wajib memenuhi prokes ya utama, memakai masker, menjaga jarak, lalu mencuci tangan, itu tiga hal penting. Kemarin pengunjung yang datang ke Ragunan adalah yang ber KTP DKI Jakarta," ujarnya.

Menjelang siang, pengunjung Taman Margasatwa Ragunan per pukul 10.30 WIB tercatat meningkat sebanyak 7.536 orang. Sejumlah pengunjung mengaku lebih memilih berwisata dibanding mudik.

Sebanyak 7.536 pengunjung itu didominasi oleh kendaraan roda dua. Pengunjung dengan sepeda motor tercatat sebanyak 1.340 unit, kendaraan roda empat 370 unit, dan sepeda 46 unit.

Pengunjung mayoritas terlihat bersama keluarga. Salah satunya pengunjung bernama Ilham yang berkunjung ke Ragunan bersama keluarganya untuk menikmati libur Hari Raya Idul Fitri.

"Ya karena Ragunan kan udah lama nih ditutup ya, mungkin Lebaran nggak bisa ke mana-mana, ya kita ke Ragunan, gitu, ke wisata. Sekalian ngajarin anak-anak tentang binatang," kata Ilham.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Tonton juga Video: Anies Minta Mal-Tempat Wisata di Zona Merah Tutup 12-16 Mei

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2